Minggu, Oktober 17, 2021

Puasa Ramadhan, Warga Tetap Antusias Gunakan Hak Coblos di PSU Pilwali Banjarmasin

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Sejumlah warga terlihat antusias menyambut penyelenggaraan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilwali Banjarmasin, yang dilaksanakan di tengah ibadah puasa Ramadhan dan situasi pandemi Covid-19, Rabu (28/4/2021).

Meski sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan dan situasi Pandemi Covid-19, hal tersebut tidak menyurutkan warga untuk terus berinovasi dan mengasah kreativitas warga yang melaksanakan PSU di 3 kelurahan Kecamatan Banjarmasin Selatan, yaitu Kelurahan Basirih Selatan, Kelurahan Murung Raya dan Kelurahan Mantuil.

Dari pantauan klikkalsel.com TPS tersebut dihias dengan berbagai dekorasi. Tidak hanya itu, para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) juga tak kalah mencuri perhatian. Terpantau dari adanya TPS yang didesain dengan tema unik dan menarik tentunya.

Diantaranya, TPS 14 di Kelurahan Murung Raya Banjarmasin Selatan Jalan Kelayan A Gang Kenari RT 16 dalam upaya menarik perhatian pemilih, pihaknya mendesain lokasi tersebut dengan ditambah beberapa balon dan petugas menggunakan pakaian sasirangan khas Banjarmasin

Ketua KPPS, Ardiansyah TPS 14 Kelurahan Murung Raya, mengatakan upaya tersebut dilakukan pihaknya bertujuan untuk memeriahkan PSU Pilwali Kota Banjarmasin.

“Biar lebih meriah dari yang lain,” katanya.

Ia juga menjelaskan, di TPS 14 kenapa para petugas menggunakan pakaian yang seragam pihaknya bertujuan untuk terlihat lebih rapi dan khas banjar dapat lebih mencolok.

“Juga kalau ada pemilih yang saat mencoblos membawa anak kecil, supaya anak nya tidak rewel jadi kita hias semenarik mungkin, jadi orang tua nya tidak terganggu saat mencoblos,” jelasnya.

Kendati demikian, ia berharap agar para warga bisa datang je TPS untuk menggunakan hak pilihnya.

“Walaupun ada warga yang lagi sakit dan tidak bisa ke TPS mereka masih tetap bisa menggunakan hak pilihnya dengan nanti di jam siang kita yang mendatanginya,” tuturnya.

“Di TPS 14 Daftar Pemilih Tetap (DPT) berjumlah 365,” tambahnya.

Hal serupa juga ditunjukan TPS 21 Jalan Tembus Mantuil Kelurahan Basirih Selatan Kecamatan Banjarmasin Selatan yang menambahkan konsep hiasan seperti lokasi pernikahan dengan hiasan tirai tumbuhan dan balon.

Ketua KPPS, TPS 21 Jalan tembus Mantuil RT 22 Kelurahan Basirih Selatan, Ahmad Jarkasi
mengatakan konsep tersebut bertujuan untuk menarik perhatian warga untuk datang ke TPS dan menggunakan hak suaranya.

“Biasanya sunyi kalo TPS nya biasa-biasa saja, tapi karena kita buat semenarik mungkin Alhamdulilah sampai sekitar pukul 10.00 Wita pemilih yang datang sudah 242 dari 369 DPT yang di bagikan,” jelasnya.

Ia mengatakan, proses pemilihan di TPS 21 hingga pukul 13.00 Wita dan kemudian akan dilanjutkan dengan perhitungan suara.

“Saya harap warga yang memilih di TPS 21 bisa datang dan benar benar menggunakan hak suaranya untuk memilih pemimpin Kota Banjarmasin,” harapnya.

Selain itu, di TPS 12 Jalan Halinau RT 9 Kelurahan Mantuil lokasi tersebut terlihat sederhana namun tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Dari pantauan media ini di lapangan, terlihat dari petugas TPS yang sigap menembak thermogun kepada setiap warga dan pengunjung yang datang ke lokasi tersebut.

Ketua KPPS, TPS 12 Mantuil Abdul Halim mengatakan pihaknya sangat menekankan protokol kesehatan untuk warga yang datang ke TPS agar tidak menjadi kalaster baru penyebarn Covid-19.

“Sementara ini di TPS 12 proses pemilihan suara masih lancar dan belum ada kendala dengan jumlah DPT 363,” tuturnya.

Sebagai pengingat, PSU yang dilakukan Kota Banjarmasin digelar lantara keputusan Mahkamah Konstitusi dalam sidang sengketa pilkada nomor 21/PHP.KOT-XIX/2021

Dari putusan tersebut tiga Kelurahan di Kecamatan Banjarmasin Selatan, yakni Kelurahan Basirih Selatan, Kelurahan Murung Raya dan Kelurahan Mantuil, dimintakan untuk melakukan PSU.

Dari total tiga kelurahan tersebut terdapat sebanyak 80 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan total Daftar Pemilih tetap sebanyak 29.056 pemilih. (airlangga)

Editor : Akhmad

Related Articles

Trending

Terbaru

TOPIK POPULER

IKUTI KAMI

1,763FansSuka
26,867PengikutMengikuti
582PelangganBerlangganan