PT BIB Kembali Sumbang 250 Kantong Darah ke PMI Tanbu

Tampak para karyawan BIB antusias mendonorkan darah untuk membantu sesama menambah stok darah di PMI Tanbu. (Foto : Ist).

BATULICIN, klikkalsel – Salah satu perusahaan batubara ternama di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) yakni PT Borneo Indobara (BIB) menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) kembali menggelar aksi sosial donor darah.

Kali ini, ditargetkan sebanyak 250 kantong darah berbagai golongan dikumpulkan dari para karyawan perusahaan.

“Untuk periode ini kami berhasil meningkatkan jumlah sumbangan kantong darah yakni 250 kantong ke PMI Cabang Tanbu. Kalau sebelumnya kami hanya 200 kantong darah saja,” ujar Manager Pemeliharaan PT BIB, Didik, di Batulicin Minggu.

Ia mengemukakan, program donor darah merupakan program rutin yang dilaksanakan PT BIB bersama karyawan per triwulan, atau tiga bulan sekali.

“Nah, dalam program ini kami ingin menjadi pemecah rekor ‘MURI’ tahun 2019 dengan mengumpulkan darah sebanyak 20.000 kantong,” ujar Didik.

Kedepan, sambungnya lagi, kantong darah yang sudah dikumpulkan akan diserahkan langsung kepada PMI yang selanjutnya akan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan darah tersebut.

Salah satu manfaat tersebut yakni mengurangi resiko penyakit jantung, membakar kalori, menurunkan resiko penyakit kanker, meningkatkan produksi darah, menurunkan kolesterol dan membuat pikiran lebih stabil.

Namun demikian, tidak semua orang dapat melakukan donor darah, sebab calon pendonor darah harus memiliki berat badan minimal 45 kg, suhu tubuh yang normal, tekanan darah 120/80 mmHg,
denyut nadi yang teratur, tidak menderita penyakit diabetes dan penyakit menular.

“Tapi, Alhamdulillah, dalam kegiatan ini partisipasi para pendonor begitu ramai. Mereka tidak hanya dari karyawan PT BIB, namun juga dari bermacam-macam profesi salah satunya karyawan PT BAMA juga ikut serta. Semoga dengan aksi sosial, dan beramal karyawan kami semakin sehat semua,” harap Didik menutup. (duki)

Editor : Amran