Promosikan Pariwisata ke Mata Dunia, Pemko Banjarmasin Gaet PH Laskar Pelangi

Talent artis asal Bosnia Herzegowina saat proses pemotretan dan video konsep di Siring Bekantan Banjarmasin. (Foto: Rizqon/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel- Demi memajukan pariwisata di Kota Seribu Sungai, Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin berkolaborasi dengan Production House (PH) yang pernah menggarap film Laskar Pelangi, Senin (29/4/2019).

Kegiatan pengambilan video profil pariwisata Kota Banjarmasin tersebut dilakukan disejumlah spot wisata di Kota Banjarmasin dengan menggunakan talent yang berasal dari Bosnia Herzegowina.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kota Banjarmasin, Ihsan Al Haaq, Pengambilan video tersebut untuk pembuatan video promosi pariwisata Kota Banjarmasin.

“Video ini nantinya akan kita putar sebagai media promosi Kota Banjarmasin,” tuturnya.

Sementara itu Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina mengungkapkan, pembuatan video promosi Pariwisata ini dalam rangka memajukan Pariwisata Kota Banjarmasin di luar negeri.

Ibnu juga menuturkan Alasan PH yang pernah menggarap film laskar pelangi tersebut adalah karena promosi wisata untuk Kota Banyuwangi yang bertajuk Majestic Banyuwangi, mendapatkan penghargaan dari Barcelona, dan itu adalah garapan rumah produksi mereka.

“Jadi kita harus melihat sekmennya apa? Sehingga setelah diskusi dengan tim branding, kita memutuskan untuk bekerja sama dengan PH Laskar Pelangi, dan mereka juga yang menghendel pembuatan video Majestic Banyuwangi,” ucap Ibnu Sina.

Sedangkan ketika disinggung mengapa tidak menggunakan talent lokal, Ibnu Sina membantah hal tersebut, beliau meluruskan dari pertanyaan tersebut, kata Ibnu sebenarnya untuk talent lokal sudah ada beberapa yang di seleksi dan nanti akan berkolaborasi dengan talent yang dari negara asing tersebut.

“Kita bukan tidak menggunakan talent lokal, kita memakai talent lokal, tapi kita sebelumnya menseleksi talentnya dulu supaya bisa dikolaborasikan dengan talent yang ada ini, kemarin juga nanang galuh juga kita seleksi untuk dikolaborasikan dalam pembuatan video ini. Hasil diskusi kita juga, apabila ingin meraih sekmen luar, talentnya juga harus dari luar,” cecarnya.

Berkaitan dengan spot yang akan diambil dalam pembuatan video promosi wisata tersebut, Ibnu menyampaikan bahwa tim sudah melakukan survey selama satu bulan di Kota Banjarmasin, sehingga sudah mendapatkan spot-spot mana saja yang menjadi lokasi pembuatan video ini.

“Mereka sudah survey selama 1 bulan di Banjarmasin, jadi sudah dapat spotnya, seperti di sepanjang siring ini, kampung hijau, Sungai Jelai nanti disitu backgroundnya pas anak-anak berangkat sekolah yang menggunakan jukung agar memperlihatkan kehidupan Kota sungai, bahwa sungai adalah urat nadi kehidupan masyarakat Kota Banjarmasin,” paparnya.

Selain memperkenalkan Kota Banjarmasin, dalam setiap pembuatan video itu nantinya, talent juga akan selalu mengenakan pakaian dari kain sasirangan, untuk juga memperkenalkan sasirangan ke mata Dunia. (fachrul)

Editor : Amran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.