Program Germas Mulai Dijalankan

Sejumlah Pegawai di lingkungan Pemkot Banjarmasin sudah menerapkan naik sepeda dalam mendukung program Germas. (foto : baha/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel– Surat edaran Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina yang menyarankan setiap SKPD menggunakan sepeda, sudah dijalankan sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Banjarmasin.

Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) sebagaimana yang dicanankan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), memang belum secara keseluruhan dijalankan oleh ASN, namun setidaknya sebagian pegawai sudah merencakan pola hidup sehat.

Sejumlah Pegawai di lingkungan Pemkot Banjarmasin sudah menerapkan naik sepeda dalam mendukung program Germas. (foto : baha/klikkalsel)

Salah satu pegawai yang menggunakan transportasi roda dua ramah lingkungan itu adalah Kepala Bidang Teknologi Informasi & Komunikasi, Husin Lutfi. Menurutnya, kebiasaan menggunakan sepeda ke kantor akan dilakukannya sesering mungkin.

“Ini kan pola hidup sehat dan saya merasakan sendiri ketika dari rumah di kawasan Basirih menuju Balai Kota di Jalan RE Martadinata, badan rasanya bugar, meskipun agak berkeringat,” tutut Husin Lutfi kepada klikkalsel, Jumat (17/11/2017).

Ia mengaku menghabiskan waktu selama 20 menit hingga sampai di Balai Kota. “Saya berangkat dari rumah sekitar pukul 7 pagi, setelah sampai kantor pukul 7.20 pagi,” jelasnya dengan pakaian sepeda lengkap.

Selain Husin, terlihat Kepala Bagian Bidang Pemerintahan, Iwan Ristianto. Bahkan dari Jalan A Yani Km8 ia menggunakan sepada menuju Balai Kota. Menurutnya, program Germas sangai baik, ‎namun masih ada yang harus ditambah seperti lahan parkir sepeda disekitar Balai Kota Banjarmasin.

“Sekarang saya menaruh sepeda masih disamping sepeda motor, semoga ke depan sudah ada lahan parkir yang disediakan,” ucapnya.

Hal senada juga diucapkan Kepala BPBD Banjarmasin, Muhammad Hilmi yang mengingikan parkiran sepeda diwilayah tempat kerjanya, hal itu juga menumbuhkan semangat pergi bersepeda ke kantor.

Adapun isi surat edaran Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina, menyatakan bahwa seluruh asisten, staf ahli, kepala SKPD, direktur perusahaan daerah, para camat dan lurah serta seluruh stafnya, agar setiap hari Jumat terhitung mulai tanggal 17 November untuk menggunakan sepeda dari rumah ketempat kerja. (baha)

Editor : Amran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.