Prihatin Stok Darah Kosong, Jajaran Redaksi Klikkalsel Donor Darah

BANJARMASIN, klikkalsel.com– Sebagai bentuk kepedulian sosial terhadap sesama, khususnya mereka yang memerlukan darah, jajaran redaksi media online Klikkalsel.com menyumbangkan darahnya ke Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Banjarmasin di kawasan Jalan S Parman, Banjarmasin.

Kekurangan stok darah di PMI Kota Banjarmasin tentu menjadi kendala untuk membantu banyaknya pasien di rumah sakit. Terlebih permintaan dari sejumlah rumah sakit setiap harinya semakin meningkat.

Kebijakan pemerintah kepada warga untuk berdiam di rumah sebagai antisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19) berdampak serius pada stok darah yang dimiliki UTD PMI Banjarmasin. Seiring berkurangnya jumlah pendonor akibat situasi ini, stok darah merosot hingga 80 persen.

Redaktur Pelaksana (Redpel) Klikkalsel.com, Amran, menyampaikan, kegiatan donor darah ini merupakan bentuk perhatian redaksi sebagaimana yang diberitakan sebelumnya, stok darah UTD PMI Banjarmasin semakin menipis.

“Kita prihatin, sehingga mengajak awak redaksi klikkalsel untuk berpartisipasi mendonorkan darahnya sebagai bentuk kepedulian. Semoga kegiatan sosial ini juga bisa dilakukan oleh instansi pemerintah, baik kota maupun provinsi untuk menyumbangkan darahnya ke PMI,” tutur Amran, Rabu (1/4/2020).

dr Aulia Ramadhan Supit, menunjukan isi Blood Bank Refrigerator yang sudah selama dua pekan kosong

Ia juga menyebutkan, situasi saat ini, warga tak diizinkan beraktivitas di luar, juga membawa dampak kekahwatiran masyarakat yang mendonorkan darahnnya. Namun kata dia, UTD PMI Banjarmasin sudah melaksanakan mekanisme untuk menghindari penyebaran virus Corona, diantaranya menyediakan hand sanitizer, disinfektan, dan social distancing (jaga jarak).

Sementara itu, Kepala Unit Donor Darah PMI Banjarmasin, dr Aulia Ramadhan Supit mengucapkan terima kasih atas kepedulian redaksi Klikkalsel.com yang mendonorkan darahnya ke PMI Banjarmasin.

“Memang saat ini stok darah kita semakin menipis, apalagi banyak permintaan darah. Kita terpaksa membagi kepada keluarga pasien yang membutuhkan. Kita juga memprioritaskan yang sangat membutuhkan, misalnya pasien yang mau dioperasi itupun jika permintaannya empat kita beri dua kantong dulu,” ujar Aulia Ramadhan Supit.

Ia juga mengimbau menginformasinkan kepada masyarakat yang minta dijemput untuk mendonorkan darahnya, UTD Banjarmasin juga menyediakan armada dengan menghubungi nomor handphone 081953706909.

“Bagi warga yang ingin mendonorkan darahnya silakan saja datang ke kantor PMI Unit Donor Darah kota Banjarmasin, kalau mau dijemput kami juga punya armada dan akan melakukan penjemputan,” imbuhnya.(azka)

Editor : Farid

Related Articles

Trending

Terbaru

IKUTI KAMI

1,763FansSuka
26,867PengikutMengikuti
582PelangganBerlangganan