PPDB SD Jadi Sorotan, DPRD Minta Disdik Lakukan Evaluasi

(Foto:wartakota.com)

BANJARMASIN, klikkalsel- Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Dasar (SD) mendapat sorotan wakil rakyat di DPRD Banjarmasin yang meminta adanya evaluasi.

Persoalannya adalah tidak meratanya siswa yang mendaftar dituding berdampak pada kualitas pendidikan sehingga mengalami over kapasitas dan beberapa sekolah yang malah tidak kebagian siswa baru.

Selain itu juga masih belum tercukupinya kuota siswa pendaftar dari target berkisar sembilan ribuan orang.

Padahal sistem pendaftaran sudah memberlakukan zonasi terdekat domisili peserta didik. Sehingga solusi terdekat adalah perpanjang waktu pendaftaran.

Polemik tesebut mendapat atensi dari Ketua DPRD Banjarmasin, Hj Ananda yang meminta Dinas Pendidikan (Disdik) mengevaluasi proses yang selama ini berlangsung.

Selain itu, permintaannya kepada dinas terkait, berupaya maksimal dalam melakukan pemerataan kualitas dunia pendidikan di Banjarmasin.

“Orang tua ingin pendidikan terbaik bagi anak, dengan segala cara inginkan terbaik walau kuota penuh, jangan sampai ada kesenjangan jumlah. Saya pikir tak ada lagi favorit, tak ada lagi kejadian over kuota, sebagian tak ada siswa. Disdik cari akar masalahnya,” ucapnya kepada awak media, Rabu (19/6/2019).

Sementara itu, Hj Andanda melirik persoalan pemerataan pendidikan, baik dari segi tenaga pengajar, infrastruktur pendukung, hingga kesejahteraan SDM. Harus jadi catatan penting pemerintah sebagai akar permasalahan yang patut dicarikan solusi bersama.

“Dengan adanya zonasi itu diciptakan agar pemerataan siswa baru, dan kualitas pendidikan,” sebutnya.(rizqon)

Editor : Amran