Banjarmasin

Posko Banjir Polresta Banjarmasin Diserbu Pengungsi

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Semakin meningkatnya debit banjir di sejumlah wilayah membuat warga berbondong-bondong mencari tempat untuk mengungsi.

Salah satu tempat yang diserbu warga ialah Posko Bencana Banjir yang didirikan Polresta Banjarmasin yang terletak di Jalan A Yani Kilometer 4,5 Banjarmasin.

Saat dihubungi Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Rachmat Hendrawan membenarkan bahwa posko yang didirikan oleh institusinya tersebut diserbu pengungsi.

“Benar, sejak tadi malam hingga pagi tadi sudah banyak yang datang ke posko untuk mengungsi,” ujarnya, Sabtu (16/1/2021).

Menurut Kapolresta, warga yang datang mayoritas perempuan dan anak-anak. Meski ada juga yang mengungsi satu keluarga penuh karena rumahnya memang terdampak banjir cukup parah.

Ditempat pengungsian yang merupakan sebuah ruko tersebut, personel juga menyiapkan dapur umum yang menyediakan makanan gratis bagi para pengungsi.

“Sejauh ini sudah ada kurang lebih 25 orang yang mengungsi. Para pengungsi tersebut juga kita cek kesehatannya saat tiba. Agar dapat dipantau kesehatannya,” ungkap Kapolresta.

Meski demikian dalam proses menampung para pengungsi pihaknya tetap memperhatikan protokol kesehatan memperhatikan jarak aman, menyediakan tempat cuci tangan dan masker. Mengingat ujarnya Banjarmasin masih dalam Pandemi Covid-19.

Kapolresta pun mengimbau jika warga kesulitan untuk mendapatkan lokasi yang aman untuk mengungsi, ia mempersilahkan warga untuk datang ke Posko Bencana Banjir Polresta Banjarmasin.

“Silahkan datang saja, kita beroperasi selama 24 jam,” tambahnya.

Selain menerima pengungsi, Kapolresta pun menyebutkan pihaknya juga menerima penyaluran bantuan jika ada institusi, perusahaan atau masyarakat yang ingin berbagi dengan para korban banjir yang terjadi di Banjarmasin. (David)

Editor: Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top