Indek Berita

Pos Kampung Sehat Banua Anyar Dijadikan Praktik Percontohan se Polda Kalsel

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Keberhasilan Pos PSBK Kelurahan Banua Anyar, Kecamatan Banjarmasin Timur saat ini berubah nama menjadi Kampung Sehat Banua.
Kegiatan sosial yang dilaksanakan di Banua Anyar tersebut dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat sekitar untuk mengikuti protokol kesehatan Covid-19 mulai dilirik berbagai pihak.
Lurah Banua Anyar, HM Saleh, mengakui beberapa perwakilan warga dan RT di kelurahan lain banyak berdatangan untuk melihat secara langsung operasional dan cara kerja pos tersebut.
“Bahkan ada yang sengaja datang dari Hulu Sungai untuk belajar cara pos Banua Anyar ini menggalang kesadaran warga,” ujar Lurah, Senin (1/6/2020).
Ditambahkan Lurah, jika sebelumnya hanya 5 RT yang bergabung dalam pengawasan Pos tersebut, kini jumlahnya bertambah jadi 6 RT.
“Alhamdulillah kesadaran masyarakatnya telah meningkat untuk mengikuti protokol kesehatan. Bahkan kini jumlahnya ada 6 RT yang bergabung,” imbuhnya.
Selain memberikan edukasi kepada masyarakat, warga dengan swadaya juga membuat spanduk-spanduk imbauan di sudut-sudut jalan.
Keberhasilan Pos ini juga dilirik oleh Polda Kalsel yang menjadikannya praktek percontohan.
Hal tersebut disampaikan oleh Kapolsek Banjarmasin Timur, AKP Alfian Tri Permadi saat dikonfirmasi adanya pos Kampung Sehat Banua diwilayahnya tersebut.
“Kemarin ketika kita laporkan ke pimpinan dalam hal ini Kapolresta Banjarmasin, pimpinan memberikan apresiasi dan berniat melakukan kunjungan. Bahkan rencananya akan dijadikan praktek percontohan,” ujarnya.
Ia berharap kesadaran warga Banua Anyar dalam membuat pos yang memiliki sarana dan prasarana lengkap tersebut dapat memotivasi warga di daerah lain untuk membuat pos serupa.
Sehingga ujarnya, kesadaran dan kedisiplinan warga dapat terus tumbuh di tengah pandemi ini.(david)
Editor : Amran
To Top