Layanan Masyarakat

Polresta Banjarmasin Raih Predikat Sangat Baik dari Kementerian PAN-RB

Polresta Banjarmasin Raih Predikat Sangat Baik dari Kementerian PAN-RB

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Sejumlah polres, polresta, dan polrestabes berhasil meraih predikat A atau Pelayanan Prima dari Kementerian PAN-RB, salah satunya Polresta Banjarmasin.

Menurut Deputi Pelayanan Publik Kementerian PAN-RB Diah Natalisa melalui keterangan tertulisnya menjelaskan, evaluasi dilakukan pada 209 pelayanan publik di polres berbagai daerah. Ada enam aspek yang menjadi dasar penilaian berdasarkan Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 17/2017.

Enam aspek itu, yakni kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi pelayanan publik.

“Penghargaan ini merupakan hasil evaluasi tahun 2020, 12 polres berhasil mendapatkan penghargaan Pelayanan Prima. Peningkatan signifikan terlihat dari tahun 2019 yang menempatkan enam polres dalam predikat A,” ujarnya.

Tahap evaluasi dimulai dari pengisian kuesioner secara ‘online’ dengan aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP), melalui laman sipp.menpan.go.id. Untuk memastikan kebenaran dari kuesioner yang telah diisi, tim evaluator melakukan verifikasi lapangan ke lokasi layanan.

“Dilanjutkan dengan ‘desk’ evaluasi secara virtual, kemudian disusun berita acara hasil pengamatan beserta rekomendasi perbaikan,” jelas Diah.

Setiap unit pelayanan Polres, khususnya layanan SIM dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) diharapkan selalu meningkatkan kualitas layanan. Terutama di masa krisis seperti ini, layanan kepolisian harus adaptif terhadap segala jenis perubahan.

“Peningkatan kualitas pelayanan publik adalah simbol komitmen kuat kepolisian untuk terus hadir bagi masyarakat,” pungkas Diah.

Penyampaian hasil evaluasi dan penghargaan tersebut digelar secara virtual dan dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia KH. Ma’ruf Amin.

Dalam kesempatan tersebut juga diikuti secara melalui sambungan Video Conference atau Virtual oleh Menpan RB Tjahjo Kumolo, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Ketua KPK Komjen Pol Drs. Firli Bahuri, Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar, dan Komjen Pol Petrus Reinhard Golose, serta diikuti juga Polda se Indonesia.

Dilansir dari Humas Polresta Banjarmasin, Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Rachmat Hendrawan saat dimintai komentarnya mengatakan bahwa penghargaan Pelayanan Publik dengan Kategori Sangat Baik oleh KemenPAN RB dan Kapolri yang diterima Polresta Banjarmasin tersebut merupakan hasil dari dedikasi dan kinerja personelnya.

“Saya mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada seluruh Personel Polresta Banjarmasin atas prestasi dan kinerjanya selama ini, ” ucapnya saat berada di Aula Mathilda Batlayeri Polda Kalsel guna mengikuti jalannya Rapat pimpinan (Rapim) TNI-Polri Tahun 2021 yang berlangsung berlangsung di Gedung Rupatama, Mabes Polri, Jakarta Selatan dan digelar secara virtual. Selasa (16/02/2021).

Selain itu, ia juga menuturkan bahwa pencapaian tersebut bukan akhir dari pelayanan kepada masyarakat, semoga tahun depan dapat predikat yang lebih baik lagi

“Terima kasih kepada masyarakat atas kepercayaannya kepada kami. Kami akan terus menerus meningkatkan pelayanan terbaik, salah satunya menjalankan apa yang menjadi Program Prioritas Kapolri,” tutur Kapolresta Banjarmasin. (David)

Editor: Abadi

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top