Banjarmasin

Polresta Banjarmasin Dirikan Posko Tanggap Darurat Banjir

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Hujan deras yang mengguyur kota Banjarmasin dan sekitarnya dari kemarin hingga pagi ini menyebabkan debit air meningkat di hampir seluruh kecamatan yang ada.

Tanggap atas hal tersebut, Polresta Banjarmasin membuka Posko Tanggap Darurat Banjir di Jalan A Yani Kilometer 4,5 Banjarmasin atau di samping Polsek Banjarmasin Timur, Kamis (14/1/2021).

Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Rachmat Hendrawan saat ditemui mengatakan, banjir yang terjadi merupakan dampak dari tingginya curah hujan yang dibarengi dengan banjir rob (pasang air sungai atau laut).

Dikatakannya bahwa pendirian Posko Tanggap Darurat tersebut merupakan kepedulian pihaknya kepada masyarakat yang sedang tertimpa musibah.

“Kondisi banjir seperti ini kadang membuat sebagian warga terserang penyakit seperti diare dan lainnya. Untuk itu kami sediakan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan medis,” ujarnya didampingi Wakapolresta, AKBP Sabana Atmojo.

Selain membuka pelayanan kesehatan gratis, Polresta Banjarmasin juga membuka dapur umum dan pemberian sembako kepada warga sekitar yang membutuhkan.

“Entah sampai kapan posko ini kita dirikan, namun yang pasti selama kondisi ini belum membaik. Kemungkinan akan terus kita operasikan,” jelasnya.

Kapolresta pun telah memerintahkan Kapolsek jajaran untuk segera berkoordinasi dengan Camat dan Danramil setempat, guna dilakukan pemetaan dan pendataan wilayah serta warga yang terdampak.

“Jika ada warga yang membutuhkan bantuan harap segera ditindaklanjuti agar sesegeranya mendapat bantuan,” imbuhnya.

Ia pun mengimbau kepada para relawan dan pengusaha yang memiliki kelebihan agar dapat berbagi ataupun membuka posko-posko tanggap darurat bagi warga yang terdampak.

“Saya pun mengimbau agar warga waspada. Hati-hati terhadap kabel dan perabot yang menggunakan listrik. Jika membutuhkan bantuan jangan segan untuk segera menghubungi Polsek atau Bhabinkamtibmas setempat,” tegasnya. (David)

Editor: Akhmad

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top