Banjarmasin

Polresta Banjarmasin dan Pemko Banjarmasin Melakukan Pengalihan Arus Keluar Masuk di Jalan A Yani Km 6

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Menjelang lebaran, Polresta Banjarmasin bersama Pemerintah Kota Banjarmasin melakukan simulasi pengalihan arus, baik dari dalam kota ke luar kota maupun sebaliknya.

Dari pantauan klikkalsel.com di lapangan pengalihan arus tersebut dilakukan di jalan A Yani KM 6. Tepatnya di U turn depan Kantor TVRI dan pertigaan terminal Km 6 Banjarmasin.

Pengalihan arus dari dalam kota menuju luar kota diarahkan melalui Jalan Pramuka. Begitu juga sebaliknya arus dari luar kota diarahkan ke Jalan pramuka menuju dalam kota Banjarmasin.

Disampaikan Wakapolresta Banjarmasin, AKBP Shabana Atmojo menyampaikan, bahwa pengalihan arus ini dilakukan untuk mencegah dan menekan angka penyebaran Covid-19 di Banjarmasin, selain perisapan operasi Ketupat Intan yang mulai diberlakukan besok hari.

“Malam ini kita melaksanakan sosialisasi dalam bentuk pelaksanaan praktek dilapangan. Hal ini kita lakukan agar masyarakat tidak kaget misalkan besok kita sudah melakukan operasi ketupat intan yang dikombinasikan dengan operasi yustisi dan perketatan PPKM di Banjarmasin,” ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa hal ini sebelumnya sudah disampaikan melalui media masa bahwa, pengalihan arus ini akan dilakukan mulai pukul 22.00 Wita.

“Ini kita lakukan untuk membatasi masyarakat untuk masuk ke Kota Banjarmasin. Ini juga salah satu upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Banjarmasin, yang mana ada kenaikan yang signifikan,” terangnya.

“Untuk itu kami mengimbau kepada masyarakat, setelah pukul 22.00 Wita tidak lagi melakukan aktifitas diluar rumah. Sudah dirumah saja. Kecuali memang ada keperluan yang sifatnya urgent,” jelasnya.

Selain itu, Shabana Atomojo juga menerangkan bahwa pembatasan dan pengalihan arus ini juga ada pengecualian. “Angkutan seperti Ambulan, angkutan kemanusiaan, pengangkut orang sakit, pengantar sembako dan pemadam kebakaran serta para pekerja yang menjalankan tugas malam kita berikan keringanan,” tegasnya.

Ia juga menngungkapkan bahwa pengalihan atus ini untuk sementara di fokuskan di Jalan A Yani Km 6. Meski fokus pengalihan arus dilakukam di Jalan A Yani Km 6, sejumlah ruas jalan lain juga di lakukan penertiban seperti di Banjarmasin Utara dan kawasan Pelabuhan.

“Dengan simulasi yang dilakukan malam ini, kita harapkan masyarakat sudah tahu, sehingga tidak kaget lagi apabila besok sudah kita lakukan penutupan,” pungkasnya.(fachrul)

Editor : Amran

To Top