PMI dan RSUD Ulin Inisiatif Gunakan Metode Terapi Konvalesen Sembuhkan Pasien Covid-19

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Saat ini sejumlah negara berjuang mendapatkan vaksin virus Corona. Di tengah itu, muncul metode terapi konvalesen untuk menyembuhkan pasien Covid-19.
Bahkan, Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Banjarmasin bekerja sama dengan RSUD Ulin Banjarmasin untuk pertama kalinya melakukan terapi Plasma Konvalesen terhadap pasien Covid-19 yang dirawat di ICU RSUD Ulin Banjarmasin.
Terapi plasma konvalesen tersebut dilakukan dalam upaya menyembuhkan pasien Covid-19, yang saat ini sedang sedang dalam perawat.
Kepala Unit Donor Darah,PMI Banjarmasin, dr Aulia Ramadhan Supit, menyampaikan, metode terapi konvalesen ini telah dicoba dan berhasil di daerah luar Kalsel.
Baca Juga : HM Yamin Sesalkan Satu Keluarga Positif Covid-19 Diabaikan
“Di Jakarta sudah diterapkan dan berhasil, Nah ini kami berinisiatif mencobanya di Kalsel, mudah-mudahan berhasil,” ujarnya.
Ia juga menyampaikan, upaya yang dilakukan ini pihaknya bekerja sama dengan, Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta, dan UDD PMI Pusat. Dimana Plasma yang akan ditransfusikan ke pasien Covid-19 merupakan plasma darah pasien Covid-19 yang telah sembuh.
“Jadi terapi plasma ini berasal dari pendonor yang sudah sembuh dari Covid-19. Plasma nya ini langsung dari RSPAD Gatot Soebroto. Jadi di Kalsel baru mau uji dan Hasilnya nanti dilaporkan ke Kemenkes,” ucap dokter yang akrab disapa dokter Rama tersebut, Rabu (3/6/2020).
Dalam proses uji pencocokan plasma tersebut, Petugas UDD PMI Banjarmasin, menggunakan APD lengkap, dan sudah dilakukan uji untuk salah satu pasien Covid-19 di ICU RSUD Ulin Banjarmasin.
“Sudah kami kirim ke RSUD Ulin, Saat ini sedang ditransfusikan, kita uji 3 kantong dulu untuk 1 pasien,” tandasnya. (fachrul)
Editor : Akhmad

Related Articles

Trending

Terbaru

IKUTI KAMI

1,763FansSuka
26,867PengikutMengikuti
582PelangganBerlangganan