PKS Tambah Satu Kursi Dewan Banjarmasin, Hanura ‘Gigit Jari’

Kursi DPRD Banjarmasin yang 'direbutkan' pada Pileg 2019. (foto : dok/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel – Kompetisi Pileg 2019 untuk pemilihan anggota DPRD Banjarmasin periode 2019-2024 sudah berakhir.

Hasilnya ada peserta Pemilu yang berjaya membambah kursi, tapi ada pula yang rontok dan terpaksa gigit jari, karena gagal menempatkan kadernya duduk di parlemen Banjarmasin.

Hasil Pileg 2019 Banjarmasin, PKS berhasil menambah satu kursi DPRD Banjarmasin, dari empat kursi menjadi lima kursi.

Berbeda dengan Partai Hanura Banjarmasin, jika Pileg 2014 sukses mendapatkan tiga kursi. Namun pada Pileg kali ini, partai tersebut sama sekali tidak kebagian jatah kursi.

Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Banjarmasin Aliansyah tak menyangka jika partainya meraih lima kursi.

Padahal, prediksi partai hanya mendapatkan empat kursi, yakni untuk daerah pemilihan (dapil) Banjarmasin Barat, Utara, Selatan dan Timur.

“Untuk Banjarmasin Tengah tidak masuk hitungan, karena persaingan para caleg di dapil ini sangat berat. Tapi malah dapat kursi,” ujarnya, kepada wartawan, Jumat (17/5/2019).

Selain dirinya yang masih dipercaya menjadi wakil rakyat Banjarmasin Selatan. Adapun, kata dia, caleg PKS yang terpilih itu, yakni Musaffa Zakir dari dapil Banjarmasin Utara, lalu Mathari untuk Banjarmasin Barat, Awan Subarkah dapil Banjarmasin Timur. Sedangkan Banjarmasin Tengah terpilih Wahid.

“Wahid adalah wajah baru, sisanya yang terpilih masih didominasi wajah lama alias petahana,” ucapnya.

Keberhasilan PKS mendapatkan satu kursi tiap dapil, menurut dia, imbas dari PKS mendukung capres 02, Prabowo-Sandi, juga soliditas dan militansi serta kerja keras partai untuk kesejahteraan masyarakat.

Diketahui pula, pada Pileg 2019 tiga caleg petahana asal Hanura Banjarmasin kurang beruntung mempertahankan kursi DPRD Banjarmasin, seperti Mursyid untuk dapil Banjarmasin Barat, lalu Mu’adz yang rontok di pertarungan Banjarmasin Tengah.

Begitu pula Ketua DPD Partai Hanura Banjarmasin Noval, yang naik level ke Pileg DPRD Provinsi Kalsel. Pentolan Hanura Banjarmasin ini juga kandas meraih kursi melalui dapil kabupaten Banjar. (farid)

Editor : Amran