PKK Galakkan Peran Kaum Wanita Cegah Penyebaran Covid-19

AMUNTAI, klikkalsel.com – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan Dr HM Muslim, mengapresiasi upaya yang dilakukan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), yang bersinergi dengan organisasi wanita di daerah memberdayakan peran kaum perempuan dalam pencegahan Covid-19.

Apresiasi tersebut disampaikannya pada Seminar Peran Perempuan di keluarga Dalam Usaha Pencegahan dan Penanganan Covid-19 secara vidcon, di Mess Bupati Negara Dipa Amuntai, kemarin.

Dr. H.M. Muslim, melanjutkan, ada 2 pilar keberhasilan pemberdayaan yaitu salah satunya adalah kelompok Ibu-Ibu ini yang merupakan pilar ketahanan bangsa terhadap pencegahan Covid-19. Melalui peran seorang Ibu dalam keluarga bisa mengedukasi suami dan anak anaknya agar selalu mematuhi protokol kesehatan.

“Melihat kasus penyebaran di Kabupaten HSU ini relatif terkendali, mudahan-mudahan dengan meningkatnya peran kaum perempuan dalam keluarga menambah upaya kita mencegah, agar Covid-19 semakin menurun dan dapat di kendalikan,” tuturnya.

Perwakilan Tim Penggerak PKK Provinsi Kalsel, Nurul juga mengakui peran Ketua PKK HSU cukup ampuh menggerakan setiap elemen masyarakat dan pemerintahan dalam menjalankan program dan kegiatan.

“Ketua TP PKK Kabupaten HSU ini mantapnya luar biasa, punya talent untuk menggerakkan masyarakat, setiap program dari Pusat maupun Provinsi bisa menggerakkan mitra kerjanya, apa yang disampaikan langsung beliau tindak lanjut, HSU sudah tidak diragukan lagi,” ungkapnya.

Sebelumnya pada seminar yang secara vidcon ini, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten HSU Hj. Anisah Rasyidah Wahid, mengatakan, bahwa kami bekerjasama dengan Dinas Kesehatan mengadakan nonton bareng, kemudian kami juga mengucapkan ribuan terimakasih kepada Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalsel yang kemarin memberikan masker sebanyak 25ribu lembar, jadi ini sudah kami tindak lanjuti.

“Kami juga mengundang PKK Kecamatan, Kelurahan, Desa sekaligus pembinaan dan membagikan masker, kemudian Kecamatan langsung memberikan ke desa-desa mereka sekaligus pembinaan bagaimana Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” terangnya.

Kemudian juga, tambahnya, melalui kegiatan PHBS, kader PKK hingga ketingkat desa mengedukasi kaum Ibu sebagai upaya meningkatkan peran keluarga dalam mencegah penyebaran Covid-19.

“Melalui peran semua pihak yang belerja sama dan bersinergi, maka Pemkab bersama masyarakat Kabupaten HSU bisa mengendalikan dan memutus penyebaran Covid-19 di Bumi Bertaqwa,” tukasnya.

Hadiri pada seminar, Kepala DPPPA, Kepala Dinkes, Kepala PMD, Ketua PKK beserta pengurus, Ketua Dharma Wanita, Ketua Muslimat NU, Pimpinan Daerah Aisyiyah, Ketua IDI, Ketua IBI, Ketua PERSAGI, Ketua IAKMI, PGRI, serta Organisasi Pemerhati Perempuan. Acara di akhiri dengan foto bersama dan di berikannya sertifikat seminar secara online. (doni)

Editor : Akhmad

Related Articles

Trending

Terbaru

IKUTI KAMI

1,763FansSuka
26,867PengikutMengikuti
582PelangganBerlangganan