Kesehatan

Pj Gubernur Kalsel Apresiasi Jemaah Salat Idul Adha di Masjid Raya Disiplin Prokes

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Masjid Raya Sabilal Muhtadin menggelar pelaksanaan salat Idul Adha dan setelahnya pemotongan hewan kurban, saat pendemi Covid-19 masih melanda, Selasa (20/7/2021).

Momen hari besar ummat Islam itu, diharapkan membentuk keimanan dan ketaqwaan, serta sekaligus mendorong solidaritas kebersamaan dalam bermasyarakat saat menghadapi Covid-19.

Pj Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal ZA dalam sambutannya, juga mengapresiasi kehadiran warga yang beribadah di Masjid Sabilal Muhtadin dengan mematuhi protokol kesehatan.

Dikatakannya pula sebagai umat muslim, mematuhi prokes dengan mengenakan masker sebagai bagian dari ikhtiar dalam rangka mencegah penularan Covid-19.

“Sesama warga masyarakat saling menasihati dalam satu sama lain, salah satunya juga menegur dan mengingatkan tentang disiplin prokes sebagai ikhtiar umat muslim,” ucapnya.

Sementara Ketua Masjid Raya Sabilal Muhtaddin Banjarmasin, H Darul Quthni mengatakan, pelaksanaan sholat Idhul Adha berjalan lancar dan tertib, setiap Jemaah wajib mengenakan masker, dan menjaga jarak.

“Sebelum masuk area masjid jemaah diperiksa petugas baik suhu tubuh dan mencuci tangan,” ucapnya.

Sekretaris Umum Samsul Rani menambahkan, untuk para jemaah perempuan berada di dalam ruan masjid diawasi oleh petugas untuk mengatur jarak agar tidak berdempetan. Begitu pula Jemaah laki-laki yang melaksanakan di lapangan terbuka dengan diawasi petugas.

“Kita benar-benar menerapkan prokes dalam pelaksanaannya,” ucapnya.

Disinggung tentang pelaksanaan ibadah kurban, Masjid Raya Sabilal Muhtaddin bekurban sebanyak 17 Sapi dan 10 kambing.

“Hewan kurban tersebut masih bisa bertambah sebab untuk pelaksanaan penyembelihan hewan kurban kami hingga Rabu (21/7/2021) besok,” pungkasnnya.

Dalam salat Idul adha selaku Imam KH Ridha Rasyid dan Khatib Prof Fahmy Arief. (azka)

Editor : Akhmad

To Top