Pj Bupati Tabalong Lakukan Penanaman Bibit Pohon Buah-Buahan Sekitaran Jalan Nan Sarunai

Pj Bupati Tabalong ketika lakukan penanaman bibit pohon-pohonan di Jalan Nan Sarunai

TANJUNG, Klikkalsel.com – Penanaman bibit pohon buah-buahan di kiri kanan jalan Nan Sarunai Kecamatan Murung Pudak jadi penanda puncak peringatan hari lingkungan hidup di Kabupaten Tabalong.

Kegiatan penanaman tersebut langsung dipimpin Pj Bupati Tabalong, Hamida Munawarah dan Pj Sekda, M Fitri Hernadi serta jajaran Forkopimda setempat, Jum’at (28/06/2024).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tabalong, Slamet Riyadi mengatakan penanaman kali ini merupakan puncak rangkaian peringatan hari lingkungan hidup sedunia di Tabalong.

“Kita telah melaksanakan bersih-bersih sungai Mangkusip, donor darah, ecoeduwiyata bagi anak-anak sekolah, uji kendaraan bermotor dan terakhir penutup acara kita melaksanakan penanaman pohon di Jalan Nan Sarunai ini,” katanya.

Di kawasan Nan Sarunai ini, sebanyak 550 bibit buah yang ditanam diantaranya diantaranya jambu air, mangga, alpukat, kelengkeng, jambu kristal, jeruk dan durian.

Slamet pun mengapresiasi pihak perusahaan yang telah membantu untuk menghijaukan kawasan Nan Sarunai.

“Terimakasih kepada perusahaan yang telah membantu dalam pelaksanaan kegiatan ini berupa dana dan bahan yang kami dapatkan, sehingga pelaksanaan hari lingkungan hidup ini berjalan dengan baik,” ucapnya.

Sementara itu, Pj Bupati Tabalong, Hamida Munawarah menyampaikan momentum peringatan hari lingkungan hidup sedunia kali ini sebagai upaya bersama memperlambat dampak akibat perubahan iklim.

Baca Juga PJ Bupati Tabalong Ingin Ciptakan SDM kompetensi SAR yang Baik dan Siap Siaga

Baca Juga Tentukan Predikat Juara Lomba Desa Tingkat Kabupaten Tabalong, 5 Desa Diklarifikasi Lapangan dan Dinilai Paparan

Menurutnya, untuk mengatasi hal tersebut maka perlu dilakukan pemulihan lingkungan.

“Pemulihan lingkungan merupakan kunci dalam membalikkan arus degradasi lahan sekaligus dapat meningkatkan mata pencaharian, mengurangi kemiskinan serta membangun ketahanan terhadap cuaca ekstrem. Pemulihan juga meningkatkan penyimpanan karbon dan memperlambat proses ataupun dampak akibat perubahan iklim” ucapnya saat membacakan sambutan Menteri KLHK RI, Siti Nurbaya.

Diketahui, aelain di kawasan Nan Sarunai, DLH Tabalong juga melakukan penanaman disejumlah titik di wilayah Tabalong seperti di ruang terbuka hijau dan kiri kanan jalan menuju Kalimantan Timur. (dilah/adv)