Pilkades Serentak di Tabalong, Warga Merasa Terbantu e-Voting

Suasana pilkades serentak di Desa Tanta, Kecamatan Tanta. (foto : arif/klikkalsel)

TANJUNG, klikkalsel – Pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak 2019 di 57 desa, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan (Kalsel), Kamis (22/8/2019) hari ini. Tiga diantaranya menggunakan e-voting berjalan dengan lancar.

Penggunaan e-voting ini berlangsung di Desa Tanta Kecamatan Tanta, Desa Kambitin Raya Kecamatan Tanjung dan Desa Kasiau Kecamatan Murung Pudak.

Rifky Purwanto salah seorang warga Desa Kambitin mengaku dengan penggunaan e-voting, dirinya merasa sangat diberi kemudahan untuk memberikan hak suaranya.

Menurutnya sistem e-voting ini lebih gampang dalam mencari nama calon terlebih sehingga lebih cepat dalam memilih.

“Yang ini lebih gampang, langsung aja tinggal pencet,” ujarnya usai memilih.

Hal senada juga disampaikan oleh warga desa Tanta Ahmad Jarkasi, ia mengatakan bahwa dengan e-voting ini dirinya merasa tidak perlu lagi membuka dan melipat kertas suara.

Terlebih informasi yang disampaikan oleh pantia sangat jelas sehingga tidak membingungkan dirinya saat pemilihan kepala desa tiba.

“Ternyata lebih praktis, dari memilihnya, dan informasi perhitungannya, tidak membuka kertas lagi seperti yang dulu-dulu,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan Desa (DPMPD) Tabalong, Arianto ditemui saat mengunjungi lokasi e-voting di Desa Tanta, Kecamatan Tanta, dirinya mengatakan pelaksanaan Pilkades dengan e-voting tidak ada ditemukan permasalahan yang berarti.

“Ada saja masalah, namun masalah itu tidak begitu berarti dan dengan sigap ditangani oleh petugas dilapangan,” ujarnya.

Dirinya juga berharap melalui Pilkades serentak yang dilaksanakan pemerintah kabupaten Tabalong dapat menginspirasi desa-desa yang nantinya melakukan pemilihan.

“Mudah-mudahan ini bisa menginspirasi bagi pemilu yang lebih besar, baik pilkada maupun pilpres,” pungkasnya. (arif)

Editor : Farid