Banjarmasin

Peserta Baayun Maulid Sultan Suriansyah Capai 1.070

BANJARMASIN, klikkalsel– Baayun Maulid sudah menjadi tradisi bagi warga Kota Banjarmasin. Tiap tahun, kegiatan keagamaan sekaligus memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW ini selalu diseleggrakan.

Menariknya, dari tahun ke tahun peserta Baayun Maulid makin bertambah.  Buktinya, sebanyak 1.070 peserta Baayun Maulid yang digelar di halaman Masjid Sultan Suriansyah, Kecamatan Banjarmasin Utara, Minggu (10/12/2017).

Menariknya, tradisi yang sudah diselenggarakan sejak Kesultanan Banjar ini, berhasil mengalami peningkatan 2 kali lipat dari jumlah peserta yang ikut pada tahun 2016 kemarin.

“Alhamdullillah, pada tahun ini peserta ada 1.070 orang, ini mengalami peningkatan dari pada tahun lalu yang cuma sekitar 500 orang saja,” ucap Guru H Nooryasin Rais, selaku Ketua Pelaksana Baayun Maulid.

Ketua Umum Mesjid Sultan Suriansyah, H Muhidin bersama keluarga ikut serta dalam memeriahkan tradisi Baayun Maulid di Masjid Sultan Suriansyah. (foto : baha/klikkalsel)

Menangapi hal tersebut, Ketua Umum Mesjid Sultan Suriansyah H Muhidin sangat senang dengan antusias masyarakat kota yang berjuluk Seribu Sungai ini. Bahkan kata dia, jika tempat memungkinkan maka tahun depan akan menambah jumlah peserta.

Tetapi, hal itu tidak bisa dilakukan, mengingat lokasi acara untuk mengadakan acara tahunan tersebut sangatlah tidak memungkinkan.

“Kalau tempat ini memungkinkan, maka kita akan menambah jumlah peserta,” tutur mantan Walikota Banjarmasin ini.

Sementara panitia telah menutup pendaftaran Baayun Maulid. Tercatat hingga hari pelaksanaan jumlah peserta sebanyak 1.070 orang.

“Memang banyak masyarakat yang ingin mendaftar, cuma masalah tempat ini tidaklah memungkinkan,” kata Muhidin.

Menurutnya, mungkin dengan menutup jalan raya didepan Mesjid Sultan Surianyah, hal itu akan bisa menambah jumlah peserta Baayun Maulid, bahkan jumlah peserta bisa sampai 2000 orang.

Selain itu, jelasnya, untuk tujuan diadakannya acara ini setiap tahun agar masyarakat Banjarmasin tahu budaya tradisi Banjar dan lebih bisa menambah cintanya kepada agama serta Nabi Muhammad SAW.(baha)

Editor : Amran

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top