Pesanan APD dan Masker Belum Datang, Bupati Tabalong Putuskan Produksi Secara Mandiri

Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, menunjukan masker yang telah diproduksi oleh BLK setempat. (foto : arif/klikkalsel)
TANJUNG, klikkalsel.com – Minimnya alat pelindung diri (APD) dan masker untuk petugas medis membuat Pemerintah Kabupaten Tabalong memutuskan untuk memproduksinya secara lokal atau mandiri.
Meski sudah berupaya melakukan pemesanan, namun hingga hari ini APD dan masker yang diharapkan belum juga datang.
“APD dan masker Dinas Kesehatan sudah mesan dari luar sedang dalam perjalanan. Tetapi kita tidak bisa menunggu, oleh sebab itu kemarin sudah saya putuskan,” kata Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani saat konferensi pers di Polres Tabalong, Kamis (2/4/2020).
Ia menjelaskan, dalam pembuatan APD dan masker tersebut, melibatkan peserta kursus menjahit yang ada di Balai Latihan Kerja (BLK) Tabalong dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
“Hari ini saya dapat laporan sudah 500 masker yang dihasilkan, SMK juga berjalan. Jadi APD dan masker itu kita bikin sendiri,” ungkapnya.
Baca Juga : PDP Covid-19 Bertambah Dua di Kalsel
Terpisah, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Tabalong, Syaiful Ikhwan mengatakan, saat ini pihaknya sudah menyediakan satu rol kain jenis spounbond yang akan diproduksi menjadi APD.
“Hari ini kita baru melihat gambarnya dan baru mendesain bentuknya. Bahannya kain spunbond, merupakan rekomendasi dari kawan – kawan kesehatan,” ujarnya.
Syaiful mengatakan, untuk target pembuatan APD dirinya belum bisa menentukan jumlahnya. Sebab, pihaknya belum pernah mempunyai pengalaman dalam memproduksi APD.
“Untuk jumlah belum tahu, karena kita belum ada pengalaman satu rol itu dapat berapa APD,” pungkasnya. (arif)
Editor : Akhmad