Perusahaan Benarkan Tongkang Terbakar Akibat Percikan Api Saat Potong Besi

Petugas damkar saat mencoba memadamkan kobaran api di salah satu tongkang bekas.

BANJARMASIN, klikkalsel- Kebakaran tongkang di docking tongkang milik PT Dutabahari Menara Line di kawasan Jalan Ir PHM Noor diduga akibat bekas pemotongan besi yang mengenai sisa minyak mentah dalam tongkang.

Hal tersebut disampaikan Supervisor General Affair (GA), Azhar saat ditemui awak media diruang kerjanya, Rabu (14/8/2019).

Saat itu ujarnya pekerja sedang melakukan pemotongan tongkang yang sudah tidak terpakai tersebut.

Pada saat pukul 16.30 Wita pekerja pulang dan bekas pekerjaan dicek oleh team safety pada pukul 17.00 Wita untuk melihat bekas pekerjaan apakah dalam kondisi aman.

“Sesuai SOP, kemudian diperiksa team safety dan ditemukan ada api,” katanya.

Pihaknya telah berusaha memadamkan api dengan melempar fireball (alat pemadam api), namun karena cuaca yang terik dan kencangnya hembusan angin, api tetap berkobar.

Beruntung pekerja dibantu pemadam kebakaran yang datang ke lokasi bertindak cepat sehingga api tidak sempat merembet kemana-mana.

“Apinya sebenarnya tidak terlalu besar, tapi asapnya saja yang pekat membumbung,” imbuhnya.

Diungkapkan Azhar sebenarnya tongkang bekas pengangkut minyak mentah tersebut telah dua pekan lalu dinaikan ke docking sebelum kemudian dikerjakan untuk di potong-potong dengan alat las.

“Sebelumnya sudah kita cleaning, palkanya juga kita buka untuk membuang gas atau muatan berbahaya yang kemungkinan tertinggal,” jelasnya.

Setelah kejadian tersebut, ujarnya pihak perusahaan langsung melakukan eveluasi kerja sehingga kejadian serupa yang baru pertama kali terjadi ini tidak terulang lagi. (david)

Editor : Farid