Pertama Kalinya di Kabupaten Tabalong, Pilkades Serentak Menggunakan e-Voting

Salah seorang warga tampak sedang memberikan suaranya melalui sebuah tablet yang mengoperasikan sistem e-voting. (foto : arif/klikkalsel)

TANJUNG, klikkalsel – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) hari ini berlangsung secara serentak di Kabupaten Tabalong, Kamis (22/8/2019).

Dari 57 desa yang menggelar Pilkades, ada tiga desa yang menggunakan sistem elektronik voting atau e-voting, yakni Desa Tanta Kecamatan Tanta, Desa Kambitin Kecamatan Tanjung dan Desa Kasiau Kecamatan Murung Pudak.

Wakil Bupati Tabalong Mawardi, saat kunjungannya di Desa Tanta, Kecamatan Tanta mengatakan, Pemerintah Kabupaten Tabalong dalam pelaksanaan pesta demokrasi tingkat desa menggunakan metode e-voting pada 2019 ini adalah untuk yang pertama kalinya di Kabupaten Tabalong.

“Ini pertama kali kita lakukan di Tabalong dan setelah kita lakukan peninjauan bersama dengan Dandim dan anggota polres di beberapa desa yang melaksanakan e-voting tidak ada ditemukan kendala yang berarti,” ujarnya.

Mengingat, sistem e-voting hasilnya lebih akurat dan dinilai tidak bisa melakukan kecurangan dalam proses perhitungan suara, karena semuanya sudah terpantau sistem elektronik, Mawardi menghendaki untuk proses Pilkades tahap berikutnya bisa terus menerapkan sistem e-voting.

“Mudah-mudahan semua berjalan sesuai dengan yang kita hendaki dan mudah mudahan Pemilu-pemilu yang akan datang bisa semuanya menjalankan program ataupun sistem tersebut,” pungkasnya.

Sementara, Dandim 1008/Tanjung, Letkol Arm Edy Susanto yang juga turut dalam peninjauan Pilkades serentak kali ini, memberikan apresiasi kepada petugas yang sudah bekerjasama mensukseskan Pilkades serentak di Kabupaten Tabalong.

Dia juga mengatakan, sistem E-voting dapat menjadi contoh bagi kabupaten lainnya.

“Bisa jadi setelah kita melakukan sistem ini kabupaten kabupaten lain yang melaksanakan Pilkades bisa mengikutinya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dandim berharap agar pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Tabalong berjalan dengan aman, damai dan lancar.

“Saya berharap semoga terpilih kepala desa yang kompeten dan sesuai harapan masyarakat,” imbuhnya. (arif)

Editor : Farid