Kesehatan

Persiapan Berangkat, Calon Jemaah Haji Banjarmasin Divaksin

BANJARMASIN,klikkalsel.com – Ratusan calon jemaah haji asal Banjarmasin melaksanakan program vaksinasi Covid-19 yang dilakukan oleh petugas dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Banjarmasin di Kantor Aula Kementerian Agama (Kemenag) Banjarmasin, Sabtu (29/5/2021).

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Banjarmasin, Burhan Noor mengatakan, pelaksanaan vaksin terhadap calon jemaah haji yang seharusnya dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci pada 2020 lalu.

Ada 588 calon jemaah yang diprioritaskan untuk diberangkatkan pada 2021 ini, apabila memang pemerintah Arab Saudi sudah membuka kembali ibadah haji khususnya dari Indonesia.

“Namun dari 588 orang, hanya setengahnya saja yang divaksin,” katanya.

Atau ada sekitar 310 orang, karena sebagian merupakan lansia, ASN dan juga pemberi layanan publik sehingga sudah divaksin di puskesmas-puskesmas di sekitar wilayah sekitar mereka.

Sementara salah seorang calhaj, Nurlila mengatakan, sebelumnnya diberitahukan Kemenag Banjarmasin untuk vaksin. Sempat tertunda beberapa tahun dari 2019 dan 2020 yang disebabkan oleh pandemi Covid-19.

“Mudah mudahan tahun ini bisa berangkat haji. Dan bisa melaksanakan ibadah dengan lancar,” ucapnya.

Sementara Kepala Dinkes Banjarmasin, Machli Riyadi mengatakan, dalam pelaksanaan vaksinasi calon jemaah haji tersebut ada lima tim yang melaksanakannya.

“Setiap timnya ada lima orang, dan kita turunkan lima tim untuk memvaksin pada hari ini,” pungkasnya. (azka)

Editor : Akhmad

To Top