Permudah Akses Fasilitas Kesehatan Warga, Puskesmas Mantuil Diresmikan

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina menandatangani prasasti saat peresmian puskesmas mantuil

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina memberikan sambutan sekaligus meresmikan Puskesmas Mantuil, yang berlangsung di Puskesmas Mantuil, Banjarmasin Selatan.

Turut hadir dalam kegiatan, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, M Ramadhan, Penanggung Jawab Puskesmas Mantuil, Rony Haderi, Sejumlah Kepala SKPD, Camat dan Lurah beserta staf terkait.

Dalam kesempatan itu, Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina menyebutkan bahwa Puskesmas Mantuil yang baru saja diresmikan itu adalah Puskesmas yang ke 28 di Kota Banjarmasin.

“Alhamdulillah 10 bulan setelah peletakkan batu pertama, akhirnya puskesmas ini selesai dibangung dan mudah-mudahan bisa membantu masyarakat yang ingin berobat, karena selama ini wilayah Mantuil ini di bawah Puskesmas Pekauman,” ujarnya, Rabu (3/5/2023).

Seperti yang disebutkan oleh Ibnu Sina, Puskesmas Pekauman membawahi 5 kelurahan sebelum akhirnya Puskesmas Mantuil tersebut dibangun dan telah beroperasi pada 3 Mei 2023.

Baca Juga :Ā Serapan Anggaran Pemko Banjarmasin di Triwulan Pertama Baru Tercapai 9 Persen

Baca Juga :Ā Peralatan Rumah Kemasan Pemko Banjarmasin Terkendala Aturan Penggunaan Produk Dalam Negeri

“Puskesmas Pekauman itu membawahi 5 kelurahan jadi sangat berat bebannya, jadi dengan berdirinya Puskesmas Mantuil yang melayani Mantuil dan Basirih Selatan ini paling tidak sudah mengurangi beban Pekauman, dan bisa lebih fokus dalam pelayanan kesehatan kepada warga Mantuil, Basirih Selatan dan sekitarnya,” jelasnya.

Lalu ia berharap agar dinas Kesehatan segera melengkapi sarana dan prasarana Puskesmas Mantuil agar dapat memaksimalkan pelayanan serta penanganan terhadap warga sekitar.

“Tadi saya sudah sempat menyapa para warga yang berobat disini dengan keluhan tidak enak badan, sakit kepala,” ungkapnya.

“Selama ini saya tanya mereka kemana berobat, berobatnya ke Pekauman jadi lumayan jauh, dan ada nya puskesmas ini warga jadi dapat terbantu,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, M Ramadhan melaporkan bahwa Puskesmas Mantuil itu memiliki 33 tenaga kesehatan yang bertugas di Puskesmas Mantuil.

“Kita punya sekitar 33 orang, 5 orang ASN, ada juga yang baru kita rekrut sekitar 20 orang dari Puskesmas Pekauman serta 8 orang ASN, kemudian ada 3 poli disini yang diantaranya poli umum, poli gizi dan laboratorium, poli gigi juga,” tuturnya.

“Puskesmas ini juga memakan biaya sekitar 4,5 miliar dengan lahan yang cukup luas untuk warga beraktifitas dan bisa dimanfaatkan untuk kegiatan berolahraga seperti senam pagi atau yang lainnya,” pungkasnya.(adv/fachrul)

Editor : Amran