Organisasi

Peringati Hari Pahlawan, Dema UIN Antasari Banjarmasin Ziarah Pangeran Antasari

DEMA UIN Antasari Banjarmasin

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November 2020, Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin dan jajaran melaksanakan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Pangeran Antasari, Selasa siang (13/11/2020).

Ziarah dilaksanakan di lokasi persemayaman Pangeran Antasari di Makam Pahlawan Nasional Jalan Malkon Temon, Surgi Mufti, Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Ketua Dema UIN Antasari Banjarmasin Muhammad Syahri Husaini yang juga memimpin ziarah mengatakan Kegiatan ziarah yang dilakukan saat ini selain memperingati hari pahlawan yang jatuh pada 10 November, juga sebagai bentuk penghormatan kepada Pahlawan Nasional yang telah berjuang melawan penjajah Belanda di Kalsel. “Salah satunya Pahlawan Nasional Pangeran Antasari,” ucapnya.

Selain itu, ia juga mengatakan, demi mengenang kembali semangat perjuangan Pangeran Antasari dalam melawan penjajah. Para mahasiswa mengawali ziarah tersebut dengan melakukan bersih-bersih dilanjutkan dengan doa bersama untuk para Pahlawan Perang Kerajaan Banjar yang telah gugur dalam melawan penjajah Belanda.

“Karena yang kita ketahui perlawanan para pahlawan itu demi tegaknya kemerdekaan Indonesia,” ujarnya.

Disamping itu, menurutnya terdapat pesan dari Pangeran Antasari yang menjadi poin-poin menyuarakan kegigihan, kebersamaan dan kesatuan patut dijadikan panutan untuk diaplikasikan serta diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari untuk membangun daerah khususnya Indonesia.

“Salah satunya poin itu semangat haram manyarah waja sampai kaputing, semoga kita bisa mentauladannya,” kata Dema Uin Antasari itu.

Kemudian ziarah dilanjutkan dengan tabur bunga di Makam Pangeran Antasari yang diikuti seluruh peserta Ziarah lainnya.

“Saya harap, generasi sekarang dan yang akan datang harus mewarisi nilai perjuangan Pangeran Antasari yang gigih melawan penjajahan,” pungkasnya.(airlangga)

Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top