Banjarmasin

Peringati Hari Buruh, Aliansi Buruh Banua Pilih Buka Puasa Bersama

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional atau lebih dikenal dengan May Day yanf jatuh besok, Sabtu (30/4/2021), Aliansi Buruh Banua menggelar buka puasa dan salat magrib bersama, Jumat (30/4/2021).

Ketua KSPSI Kalimantan Selatan (Kalsel), H Sadin Sasau melalui Biro Hukum, Sumarlan, mengatakan jika tahun sebelum-sebelumnya pihaknya memperingati hari buruh dengan melakukan aksi turun ke jalan.

Namun untuk tahun ini, dimana hari buruh jatuh bertepatan dengan bulan puasa, pihaknya mengurungkan niat untuk melakukan aksi dan memilih kegiatan buka puasa.

“Tahun ini bertepatan jatuh di bulan puasa. Jadi kami tidak melakukan aksi karena takut menggangu ibadah puasa kawan-kawan,” terangnya didampingi Ketua KSBSI, Misdi dan Ketua FSPMI, Yoeyoen Indharta.

Meski pihaknya masih memiliki agenda untuk disuarakan, Sumarlan menyebutkan bahwa hal tersebut akan dilakukan usai lebaran nanti.

Sementara itu Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalsel, Siswansyah ditemui usai kegiatan yang digelar di Sekretariat KSPSI Kalsel di Jalan Mantuil Permai Kecamatan Banjarmasin Selatan tersebut mengatakan, sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh serikat buruh yang lebih memilih menggelar buka puasa bersama dalam peringatan Hari Buruh Internasional kali ini.

Menurutnya hal tersebut merupakan sesuatu yang baik mengingat saat ini adalah bulan puasa dan masih dalam Pandemi Covid-19.

“Meski kita lakukan dengan skala kesederhanaan, namun ini tidak menghilangkan maknanya,” ujarnya.

Ia pun menyebutkan bahwa May Day kali ini mengangkat tema “Recovery Together”. Ia berharap perbaikan atau pemulihan bersama ini dapat membuat ekonomi di Banua lebih baik lagi.

Kasubdit Sosbud Intelkam Polda Kalsel melalui Panit 3, Ipda Hery Pramana Putra yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada serikat buruh yang tidak turun ke jalan dalam peringatan buruh kali ini.

“Biasanya hari buruh diperingati dengan aksi turun ke jalan. Tapi tahun ini dikemas dengan baik karena bertepatan ramadhan dan masih dalam kondisi Pandemi Covid-19,” ucapnya.

Ia pun meminta seluruh lapisan masyarakat, termasuk buruh dapat menjaga situasi Kamtibmas di Kalsel.(david)

Editor : Amran

To Top