Peringatan HPS Sudah 99 Persen

Teks foto : Suasana Jumpa Pers Gubernur Kalsel Tentang Persiapan HPS, di Balai Rakyat Kediaman Gubernur Kalsel, Kamis (11/10/2018).

BANJARMASIN, klikkalsel – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan telah siap sekitar 99 persen pada Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) Ke 38 pada 18-21 Oktober 2018 di Desa Jejangkit Muara, Kecamatan Jejangkit, Kabupaten Barito Kuala.

Hal tersebut disampaikan Ketua Harian Peringatan HPS Tahun 2018, Suparno pada Jumpa Pers Gubernur Kalsel dengan tema Persiapan penyelenggaraan HPS Ke 38 Tahun 2018 dan Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Rawa Lebak Dan Pasang Surut Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045, di Balai Rakyat Kediaman Gubernur Kalsel, Kamis (11/10/2018).

Ia pun menyampaikan kegiatan yang difokuskan di lahan tidur desa Jejangkit Muara dengan luas lahan 750 hektar ini sudah siap dibuka dan dipanen oleh Presiden RI, Joko Widodo saat mengunjungi tempat itu pada 18 Oktober mendatang.

Sedangkan sarana dan prasarana pendukung untuk mensukseskan HPS di Desa Jejangkit Muara, diantaranya Helipet sudah siap pakai, venue tempat istirahat H-2 siap, lahan parkir H-5 siap, jembatan penghubung H-5 siap, jalan diaspal H-2 akan siap, dan kompa besar ada 3 buah hampir 80 persen.

“Pada hari pelaksanaan tidak masalah, tapi sebelum itu pasti ada kendala. Namun berkat kebersamaan semua elemen jadi kendala itu bisa teratasi,” jelas Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kalsel ini.

Sementara itu, ia membeberkan untuk lokasi di Komplek Perkantoran Pemprov Kalsel, Kota Banjarbaru juga sudah rampung sekitar 99 persen.

Selama kegiatan HPS, disana nantinya ada pergelaran teknologi, kampung pertanian, kampung perternakan, kampung perkebunan, kampung tanaman pangan, kampung hortikultura, kampung pangan lestari, lomba cipta menu, acara, lomba menggambar anak anak, lomba kuliner, seminar lahan rawa dan pemecahan Museum Rekor Indonesia (MURI).

“Disana Pak Presiden akan langsung meninjau kampung pertanian dan kegiatan lainnya,” katanya.

Adapun kegiatan jumpa pers Gubernur Kalsel ini dihadiri oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Fathurrahman, Kepala Dinas Perternakan dan Perkebunan Kalsel, Suparmi, Kepala Biro Humas dan Protokol Kalsel, Kurnadiansyah yang dimoderatori Ketua PWI Kalsel, Zainal Helmie (baha)

Editor : Elo Syarif