HSU

Penyuluh KB Tetap Bertugas di Tengah Pandemi Covid-19

AMUNTAI, klikkalsel.com – Penyuluh KB atau Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) tetap menjalankan tugasnya meskipun di tengah pandemi virus Corona (Covid-19).
Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Hj Anisah Rasyidah Wahid menilai, PLKB dan kader agar selama bekerja dari rumah atau work from home memanfaatkan berbagai media komunikasi yang ada.
Lebih lanjut, dalam Seminar Online (Webinar) bertajuk ‘Telaah Kampung KB Ragam Perspektif’ bersama para panelis lainnya se-Kalimantan Selatan, Kamis (25/6/2020).
Baca Juga : Pembakal Unyil Desa Jirak Tabalong Tewas Ditembak, Polisi Buru Pelaku
Anisah mengemukakan, meski Covid-19 telah dinyatakan sebagai pandemi dunia oleh WHO, pada kondisi ini diharapkan terutamanya pasangan usia subur (PUS) dengan diharapkan tidak hamil, sehingga petugas kesehatan perlu memastikan mereka tetap menggunakan kontrasepsi.
“Untuk hal itu, dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini pelayanan tetap dilakukan, tetapi dengan menerapkan prinsip pencegahan pengendalian infeksi dan physical distancing,” jelasnya.
Semasa pandemi, Anisah berharap tugas PLKB dan kader terlebih dahulu menunjukkan rasa empati pada masyarakat dengan mengenali dan memahami kebutuhan mereka, sehingga pesan yang disampaikan bisa relevan.
“Kepada para PLKB agar memperhatikan seperti penggunaan APD dengan level yang sesuai dan klien yang datang harus menggunakan masker dan cuci tangan,” tukasnya.(doni)
Editor : Amran
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top