Sabtu, September 25, 2021

Penutupan Arus Lalin Jembatan Alalak Tertunda

BANJARMASIN, klikkalsel– Penerapan sistem satu arah di Jalan Cemara dan Adhyaksa terpaksa ditunda. Hal itu dikarenakan proses pengerjaan Jembatan Cable Stayed yang menghubungkan Kota Banjarmasin dan Kabupaten Barito Kuala mengalami kendala teknis.

Mundurnya jadwal yang ditentukan sebelumnya karena terkendala teknis di lapangan yang bahkan oleh Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin belum diketahui secara pasti.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin, Ichwan Noor Chalik bahwa terdapat beberapa kendala teknis di lapangan yang menyebabkan tertundanya penutupan arus lalu lintas di Jembatan Alalak dan sistem satu arah di Jalan Adhyaksa dan Cemara.

“Sampai saat ini kita masih belum bisa menerapkan sistem satu arah akibat penutupan arus lalu lintas jembatan Alalak tertunda karena terkendala teknis,” tuturnya, Kamis (28/2/2019).

Proses pembangunan Jembatan Alalak masih menunggu Pihak PLN, PDAM dan Telkom untuk merelokasi Instalasi mereka. (foto : syarif wamen/klikkalsel)

Ia menungkapkan tidak mengetahui persis kendala teknis yang menyebabkan tertundanya penutupan Arus lalu lintas di Jembatan Alalak, karena menurutnya bukan wewenang Dishub melainkan wewenang bagian Balai Besar Pembangunan Jalan Nasional (BBPJN) XI.

Ketika dikonfirmasi ke BBPJN, PPK Jembatan Alalak, Andika menyampaikan bahwa kendala teknis yang dialami kontraktor adalah masih ada instalasi PLN, PDAM dan Telkom yang masih terpasang kokoh di kawasan proyek renovasi jembatan Alalak I.

“Ya Rencana penutupan Jembatan Alalak 1 tertunda karena belum tuntasnya relokasi utilitas PLN, PDAM Bandarmasih, dan Telkom. Kami sudah memberi batas waktu sampai tanggal 23 Februari kemaren, namun belum ada progress yg signifikan di lapangan,” ucapnya.

Selain itu ia memaparkan hasil rapat koordinasi pada hari jumat tanggal 22 Februari lalu dengan pihak TP4D yang terdiri dari Kejati, kepolisian, dishub, dan instansi terkait diputuskan apabila dalam akhir bulan belum juga tuntas relokasi maka dr tim TP4D dan kepolisian siap bantu untuk mediasinya.

“Mudah mudahan relokasi instalasi yang menjadi kendala ini selesai akhir bulan sehingga kita bisa melakukan penutupan arus lalu lintas di jembatan Alalak I pada awal bulan maret mendatang,” paparnya.

Sampai saat ini relokasi instalasi PLN dan Telkom serta PDAM masih belum selesai semua.(fachrul)

Editor : Alfarab

Related Articles

Trending

Terbaru

TOPIK POPULER

IKUTI KAMI

1,763FansSuka
26,867PengikutMengikuti
582PelangganBerlangganan