Kalsel

Penuhi Kebubutuhan Darah Ditengah Pandemi Covid-19, Kodim 1008/Tanjung Gelar Baksos Donor Darah

TANJUNG, klikkalsel.com – Sebagai upaya memenuhi kebutuhan darah di tengah pandemi virus Corona (Covid-19), Kodim 1008/Tanjung, menggelar bakti sosial (Baksos) donor darah.
Kegiatan yang dilaksanakan dengan menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Tabalong ini, berlangsung di Aula Pandu Sakti Makodim 1008/Tanjung, Selasa (7/4/2020).
Dandim 1008/Tanjung Tanjung, Letkol Inf Ras Lambang Yudha mengatakan, ketersediaan stok darah saat ini mulai menipis sementara di sisi lain, kebutuhan masyarakat masih cukup tinggi.
“Oleh karena itu, kegiatan ini penting dilaksanakan untuk membantu PMI dan RSUD di Tabalong dalam memenuhi ketersediaan darah,” kata Dandim.
Kegiatan donor darah diikuti Personil Kodim 1008/Tanjung, Anggota Kompi A Yonif 621/Manuntung, Anggota rutan, anggota FKPPI, anggota PPM dan anggota Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXXI.
Selain itu, kegiatan pengambilan donor darah kali ini dilakukan dengan cara yang berbeda dari sebelumnya, dikarenakan adanya penyebaran virus Corona.
“Para pendonor selain timbang badan juga melakukan cuci tangan, pemeriksaan kesehatan, menggunakan masker, serta menjaga jarak satu sama lain (social distancing),” jelas Dandim.
Pasi Teritorial Kodim 1008/Tanjung, Kapten Inf Pasid, juga turur memberikan himbauannya agar masyarakat tidak perlu takut untuk mendonorkan darahnya meski di tengah pandemi virus corona.
“Kami imbau kepada masyarakat tidak takut melakukan donor darah, karena donor darah salah satu langkah sehat sekaligus dapat membantu masyarakat yang membutuhkan dengan donor darah,” katanya.
Sementara itu, Sekretaris PMI Tabalong Setyawan Andri Wibowo menyebutkan, dari kegiatan kali ini pihaknya berhasil mengumpulkan sebanyak 23 kantong darah diantaranya, 4 kantong golongan darah A, 11 kantong golongan darah B, 2 kantong golongan darah AB dan 5 kantong golongan darah O.
“Terimakasih telah mendonorkan darah anda, karena setetes darah anda sangat berarti untuk mereka yang membutuhkan. Ayo donor darah, salam kemanusian,” ujarnya.(arif)
Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top