Peningkatan Kesadaran Bela Negara untuk Warga Banjarmasin Barat

Mayor Inf Maserani S.Ag saat menyampaikan materi kesadaran bela negara, pertahanan dan keamanan negara, kepada Warga Kecamatan Banjarmasin Barat, di Aula Kecamatan Banjarmasin Barat. (foto : fachrul/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel – Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Banjarmasin, gelar sosialisasi peningkatan dan perkuatan kesadaran bela Negara di Banjarmasin, di aula Kecamatan Banjarmasin Barat, Selasa (15/10/2019).

Sosialisasi tersebut diisi sejumlah narasumber seperti dari Kesbangpol, Kasdim 1007/Banjarmasin, Pusdiklat Kwartir Pramuka Cabang Banjarmasin, dan Dosen Fakultas Hukum ULM.

Firdaus menyampaikan, dalam perkuatan bela negara setiap warga negara tersebut waruslah saling berperan, karena peran serta masyarakat akan terbentuk sebuah demokrasi yang menguatkan negara.

“Ya dalam penyelenggaraan kehidupan berbangsa, demokrasi tersebut harus jalan, baik pendekatan kehidupan demokrasi bagi warga negara, sampai prinsip-prinsip yang mencerminkan nilai-nilai demokrasi,” ucapnya.

Sementara itu, Kasdim 1007/Banjarmasin, Mayor Inf Maserani mengatakan, kesadaran bela negara tersebut berdasarkan fungsi masyarakat masing-masing.

“Misalkan seorang pelajar, yang ingin melakukan kesadaran bela negara, nah karena ia seorang pelajar maka caranya dengan cara ia datang bersekolang dengan rajin, jangan malas,” ucapnya.

Untuk meningkatkan kesadaran bela negara, Maserani juga mengungkapkan, unsur dukungan sangat diperlukan dalam hal tersebut, contohnya ketika seorang orang tua mengajarkan anaknya berbuat baik, dan bersekolah yang rajin. Hal tersebut menurut Maserani merupakan salah satu bela negara.

“Dengan sosialisasi ini kita mengajak setiap masyarakat untuk bisa membela dan mempertahankan negara ini, tapi bagaimana kalau tidak hadir dalam sosialisasi ini, maka disitulah tugas dan fungsi seorang ketua RT, atau RW, yang akan menyampaikan ke warganya apa hasil yang didapatkan dalam sosialisasi ini,” pungkasnya. (fachrul)

Editor : Akhmad