Penggalang se-Tabalong Ikuti Perkemahan Pramuka Peduli, Peserta Dibekali Berbagai Materi Penanggulangan Bencana

TANJUNG, klikkalsel – Meningkatkan pengetahuan, keterampilan serta kepedulian terhadap lingkungan masyarakat yang terkena bencana, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Tabalong gelar Perkemahan Pramuka Peduli se-Kabupaten Tabalong di Bumi Perkemahan SMPN 2 Haruai, Kecamatan Bintang Ara.
Kegiatan dilaksanakan selama dua hari, dimulai 22 hingga 23 November 2019 dan diikuti anggota pramuka tingkat penggalang yang berasal dari 12 Kwartir Ranting (Kwaran) setempat yang keseluruhan berjumlah 72 orang peserta.
Materi penyelamatan korban di air atau water rescue. (foto : arif/klikkalsel)
Sekretaris Bidang Pengabdian Masyarakat, Humas dan Informatika Kwarcab Tabalong Agus Musdian Noor, saat menjadi pembina pada upacara pembukaan Perkemahan Pramuka Peduli mengatakan pramuka selalu mengedepankan beragam kegiatan yang bermakna positif.
“Yang mana target pencapaiannya kepada peserta adalah tumbuhnya jiwa patriotisme, menambah wawasan ilmu dan pengetahuan serta mendorong anggota pramuka untuk mandiri,” katanya.
Selain itu, menurut Agus, gerakan pramuka harus membentuk sikap kepedulian yang tinggi terhadap musibah dan bencana yang terjadi di sekitar.
“Sehingga perlu adanya pelatihan agar bisa memberikan pertolongan bagi diri sendiri maupun orang lain,” imbuhnya.
Materi penggunaan alat pemadam kebakaran. (foto : arif/klikkalsel)
Dalam kegiatan kali ini, peserta mendapatkan berbagai macam materi seperti, pelatihan penanggulangan kebakaran, pelatihan pertolongan penyelamatan di air, pelatihan save and rescue, pelaksanaan dapur umum, pengelolaan sampah serta bakti sosial dan penanaman pohon. (arif)
Editor : Akhmad