HSU

Pengawas TPS HSU Dituntut Harus Pro Aktif dalam Penerapan Protkes

Pengawas TPS Kabupaten HSU

AMUNTAI, klikkalsel.com – Sebanyak 507 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) 10 Kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSUl pada Pilkada/Pilgub Kalsel Tahun 2020 diberikan pembekalan atau bimbingan teknis (Bimtek).

Pembekalan itu bertujuan agar
pengawas memiliki pengetahuan, tugas maupun hal-hal apa saja yg dilakukan dalam melakukan pengawasan ketika di lapangan.

Terkait dengan hal itu, Ketua Bawaslu Kabupaten HSU Syardani, menyampaikan bahwa pengawas TPS bukan hanya dapat mencegah pelanggaran dalam pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara di TPS saja.

Namun, dimasa pandemi sekarang ini mereka juga harus turut mengawasi pencegahan dan pengendalian Covid-19 di setiap lokasi pungut dan hitung.

“Saya tegaskan agar mereka (pengawas) TPS juga harus pro-aktif dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dan ini wajib dipatuhi dalam bekerja sebagai Pengawas TPS,” ujarnya, Kamis (19/11/2020).

Syardani mengingatkan, bahwa pengawas TPS harus mengedepankan integritas dan netralitas, menjalankan aturan sesuai tugas pokok dan fungsi serta bekerja dengan amanah sesuai sumpah janji.

Pengawas TPS diingatkan juga, agar selalu berkoordinasi dengan Panitia Pengawasan Kecamatan dan Kelurahan/Desa (PPK/PPKKD).

“Kami berpesan kepada pengawas TPS untuk profesional dalam bekerja sesuai tugas dan wewenang masing-masing sesuai tanggung jawab yang telah diamanahkan untuk melakukan pengawasan,” tandasnya.

Sebelumnya, 507 Pengawas TPS ini sudah lolos beberapa tahapan tes yang dilakukan oleh Pengawas di Tingkat Kecamatan.

Pengawas TPS nantinya juga akan bertugas mengawasi 1 TPS dimasing-masing TPS yang tersebar di Kabupaten HSU.(doni)

Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top