Banjarmasin

Pengawas TPS Diupah Sekitar Rp750 Ribu

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalsel saat ini melakukan rekrutmen Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pilkada Serentak 2020. Khusus di Kalsel, upah pengawas TPS dipatok sebesar kurang lebih Rp750 ribu.

Ada pun jumlah pengawas yang dicari untuk direkrut sendiri seimbang dengan total TPS Pilkada 2020 di Kalsel yakni 9.069. Saat ini proses rekrutmen telah memasuki tahap pendaftaran, penerimaan, dan penelitian berkas serta wawancara berlangsung hingga tanggal 26 Oktober.

“Setiap TPS itu satu pengawas dan pendaftaran yang sudah tercatat di data base kami alhamdulillah terpenuhi. Walaupun ada yang kosong tapi dihendel dari TPS terdekat,” ujar Komisioner Bawaslu Kalsel, Iwan Setiawan kepada klikkalsel.com, Jumat (23/10/2020).

Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi ini menambahkan, pengawas TPS adalah ujung tombak pengawas Pilkada di hari pencoblosan dan perhitungan suara pada 9 Desember nanti.

Meski demikian, satu bulan sebelumnya pengawas akan dilakukan bimbingan teknis terlebih dahulu terkait pengawas di lapangan. Adapun upah kerja mereka sendiri dipatok senilai kurang lebih Rp750 ribu.

“Sekitar 750 ribuan, kami rekrut itu untuk masa kerja sekitar satu bulan. Satu bulan itu kan termasuk pengarahan, bimtek dan sebagainya tapi intinya bekerja itu pada saat tanggal 9 Desember,” pungkasnya.(rizqon)

Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top