Pendidikan Politik Penting Bagi Masyarakat

Kepala Badan Kesbangpol Kota Banjarmasin, H Kasman saat menyampaikan materi tentang pendidikan Politik kepada masyarakat Kelurahan Kuripan. (foto : fachrul/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar sosialisasi pendidikan politik bagi masyarakat.

Kegiaatan tersebut betujuan untuk memperkenalkan masyarakat tentang politik, parpol serta hukumnya, di Aula Kelurahan Kuripan, Kecamatan Banjarmasin Timur.

Dalam sosialisasi tersebut diisi Narasumber, Akademisi Fisip ULM, Siti Hamidah, Ketua KPU Kota Banjarmasin, Gt Makmur, dan Kepala Badan Kesbangpol Kota Banjarmasin, H Kasman.

Siti Hamidah mengatakan bahwa pendidikan politik ini sangat penting bagi masyarakat, hal tersebut dikarenakan agar masyarakat bisa mengetahui tujuan politik, yang mana diketahui masyatakat saat ini politik tersebut hanya bersifat buruk.

“Sebenarnya politik itu bagus untuk masyarakat, namun bagaimana cara memandangnya, karena kebanyakan orang hanya memandang politik dari segi buruknya saja,” ujar Hamidah, Kamis (24/10/2019)

Selain itu, Ketua KPU Kota Banjarmasin, Gusti Makmur, menyampaikan bahwa dalam pendidikan politik, para masyarakat harus tau dulu apa itu politik. Menurutnya, politik itu terjadi tidak hanya pada saat Pemilihan Umum (Pemilu) atau Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Untuk diketahui, ia menyampaikan bahwa pemilu adalah merupakan sarana demokrasi langsung dalam menyalurkan kepentingan publik, oleh sebab itu menurutnya semakin banyak pilihan makan semakin baik demokrasi.

Ia juga memberikan contohnya, seperti pemilu yang merupakan sarana demokrasi langsung dalam menyalurkan kepentingan publik, kemudian Partai Politik (Parpol) tidak lepas dari kepentingan kelompok.

Dalam pemaparannya, ia mnyampaikan mengenai Parpol, dari bentuk, tugas, fungsi, dan tipologi parpol, agar masyarakat mampu mengerti dan memahami sistem politik dari Parpol.

“Jadi kita harus tau dulu apa itu parpol, tugasnya seperti apa fungsinya seperti apa, jangan sampai kita tidak tau. Kemudian seperti kita ketahui, di Indonesia ini sudah sangat banyak parpol yang bermunculan dan banyak juga yang sudah menghilang,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Badan Kesbangpol Banjarmasin, H M Kasman menyampaikan, sosialisasi pendidikan politik bagi masyarakat sesuai dengan peraturan pemerintah peraturan menteri dalam negeri, oleh sebab itu Pemko Banjarmasin berkewajiban menyampaikan sosialisasi pendidikan politik bagi masyarakat.

Ia juga menambahkan, dengan pendidikan politik, agar nanti masyarakat mampu berpikir setiap kegiatan politik tidak harus selalu menjadi pertentangan, meskipun menurutnya pilihan politik setiap masyarakat berbeda, namun hal tersebut jangan sampai dijadikan perselisihan.

“Kita ingin dengan pendidikan politik ini, masyarakat bisa lebih bijak dalam menentukan pilihan, untuk menyongsong Pilkada yang akan dihadapi saat ini,” pungkasnya.(fachrul)

Editor : Amran