Pendidikan Alih Golongan Ciptakan Polisi Profesional

Kapolda Kalsel, Brigjen Pol Drs. Rachmat Mulyana menyemakan tanda pangkat kepada siswa yang mengikuti pendidikan alih golongan dari Bintara ke Perwira Polri. (foto : syarif wamen/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel– Pendidikan alih golongan dari Bintara ke Perwira Polri tahun 2017 Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) resmi dibuka Kapolda Kalsel, Brigjen Pol Drs. Rachmat Mulyana di SPN Banjarbaru, Senin (20/11/2017).

Upacara ini menandai dimulainya program pendidikan alih golongan dari Bintara ke Perwira Polri TA.2017, dilaksanakan serentak di Setukpa Lemdiklat Polri dan SPN Polda lainnya di seluruh Indonesia, dengan total jumlah peserta sebanyak 3.000 orang yang akan berlangsung selama satu bulan ke depan.

Kapolda Kalsel, Brigjen Pol Drs. Rachmat Mulyana menyematkan tanda pangkat kepada siswa yang mengikuti pendidikan alih golongan dari Bintara ke Perwira Polri. (foto : syarif wamen/klikkalsel)

Pembukaan ini ditandai dengan penyematan tanda pangkat siswa dan pemeriksaan pasukan. Mengambil tema ”Dengan Semangat revolusi mental, lembaga pndidikan dan pelatihan Polri membentuk inspektur polisi alih golongan yang profesional, modern dan terpercaya guna meningkatkan kehadiran polisi diruang publik”.

Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Komjen Pol Drs. Unggung Cahyono dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kapolda Kalsel yang bertindak sebagai inspektur upacara mengucapkan selamat datang di lembaga pendidikan Polri, baik peserta didik yang dididik Setukpa Lemdiklat Polri maupun SPN Polda.

“Ini merupakan momentum awal bagi para peserta didik memasuki kehidupan baru dalam organisasi polri sebagai perwira pertama Polri karena setelah lulus nanti Bintara senior yang lulus akan mendapatkan kenaikan pangkat menjadi inspektur dua ” ujar Unggung Cahyono dalam amanatnya.

Selain itu Jenderal bintang tiga tersebut dalam amanatnya menambahkan bahwa diperlukan kesungguhan secara fisik dan mental dalam mengikuti pendidikan ini. “ Karena setelahnya akan mengemban tugas dan tanggung jawab yang lebih besar sebagai seorang perwira” lanjutnya.

Sementara itu Kapolda Kalsel, Brigjen Pol Drs. Rachmat Mulyana berharap seluruh peserta didik mematuhi peraturan dan ketentuan yang berlaku di SPN Banjarbaru. “Gunakan waktu belajar selama satu bulan kedepan dengan sebaik-baiknya, sehingga saat lulus pendidikan nanti dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan di tempat tugasnya masing-masing, ikuti semua kegiatan dan hindari pelanggaran sekecil apapun,” pungkasnya. (david)

Editor : Amran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.