Pemulung Diharapkan Bantu Kurangi Sampah

BANJARMASIN, klikkalsel– Pemko Banjarmasin berhasil memberlakukan tidak menggunakan kantong plastik pada pasar modern. Hal tersebut berlaku pada pasar modern yang berada di Kota Banjarmasin.

Ketentuan itu juga juga akan diberlakukan kepada pasar tradisional. Saat ini sosialisasian sudah mulai diberlakukan oleh pemko, untuk mengurangi dampak sampah plastik yang begitu banyak.

Kepala Bidang Kebersihan Pemko Banjarmasin, Maflani mengatakan, saat ini Banjarmasin memasok sampah sebanyak 611 ton perharinya, hampir sebagian besar dari sampah tersebut merupakan sampah rumah tangga.

“Sampah organik yang dari rumah tangga masih yang terbanyak di Tempat Pembuangan Sampah (TPS), sampah rumah tangga itu kalau di hitung sekitar 611 ton perhari,” ucapnya.

Selain itu ia menambahkan, dengan bantuan dari bank sampah, kini sampah kering sudah mulai berkurang sebanyak 219 ton perbulannya.

Tidak hanya itu, para pemulung yang biasanya beroprasi di TPS juga membantu mengurangi sampah, terdata saat ini jumlah pemulung yang berada disetiap TPS berjumlah sekitar 190 orang banyaknya.

Bahkan para pemulung tersebut membantu mengurangi sampah yang dianggap ekonomis yang nantinya dijual kembali ke pengepul.(fachrul)

Editor : Amran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.