Pemko Minta Benahi Koperasi Guru

Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina mendorong koperasi guru yang ada di Banjarmasin leboh dikembangkan. (foto : fachrul/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel– Persatuan Koperasi Guru Banjarmasin Utara menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang langsung dihadiri dan dibuka oleh Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Priyo Eko mengatakan, koperasi guru yang berada di Banjarmasin ada disetiap kecamatan. Namun, ada satu kecamatan yang harus dibenahi lagi yaitu Kecamatan Banjarmasin Barat.

“Koperasi guru yang berada di Banjarmasin Barat sudah lama mati suri, maka dari itu kami berharap guru guru SD yang berada di Banjarmasin Barat untuk menghidupkan kembali,” tutur Priyo, Selasa (27/2/2018).

Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina mendorong koperasi guru yang ada di Banjarmasin leboh dikembangkan. (foto : fachrul/klikkalsel)

Selain itu ia berharap adanya pioner yang ditugaskan oleh Dinas Pendidikan untuk diberikan penyuluhan dan membentuk koperasi seperti ini, karena manfaatnya sangat banyak.

Sementara itu, Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina menilai Koperasi Banjarmasin Utara sudah dikelola dengan  bagus. Selain itu kata dia akan terus mendorong kemajuan koperasi di Banjarmasin.

“Pemerintah Kota Banjarmasin (Pemko) terus mendorong melalui dinas koperasi UKM, untuk tumbuh dan berkembangnya koperasi yang ada di Kota Banjarmasin, karena ini adalah bagian dari upaya menyukseskan program wira usaha baru Kota Banjarmasin,” tutur Ibnu Sina.

Selain itu, Ketua KPN Guru-Guru Banjarmasin Utara, H Sumarno menjelaskan, saat ini Sisa Hasil Usaha (SHU) yang didapat untuk tahun ini sangat berkurang, dikarenakan anggota koperasi sudah banyak yang tidak mengajukan pinjaman lagi.

“Kami berencana akan menaikan jumlah pinjaman anggota yang dulunya Rp75 juta kemungkinan akan menjadi Rp100 juta, namun peminjaman tersebut tentunya akan disesuaikan dengan penghasilan dan kesanggupan anggota tersebut untuk membayarnya,” imbuhnya.

Sekain itu, kata dia, SHU pada tahun ini sangat banyak berkurang dari tahun sebelumnya, SHU tahun ini berjumlah Rp475 juta dengan total aset Rp8 milyar.

“Jadi sekarang kami melakukan inovasi baru, dengan mengandakan usaha baru di bidang travel. Dan saat ini kita sudah mempunyai dua buah bus pariwisata yang siap di sewakan kepada siapa saja yang mau menyewanya,” tandasnya.

Hingga saat ini jumlah anggota koperasi sekitar 673 orang, dengan iuran pokok Rp1 juta, dan iuran rutin Rp75 ribu per orangnya. (fachrul)

Editor : Amran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.