Minggu, Oktober 17, 2021

Pemkab Tabalong Targetkan Angka Kemiskinan Turun Di Tahun 2024

TANJUNG, klikkalsel.com – Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Dinas Sosial (Dinsos) Tabalong menargetkan angka kemiskinan turun hingga 3,5 persen di tahun 2024.
Hal itu disampaikan PLT Kepala Dinsos Tabalong, H. Yuhani seusai rapat kordinasi program penanggulangan kemiskinan di Aula Penghulu Rasyid, Rabu (5/2/2020).
“Angka kemiskinan kita menurun, menurut SK dirjen yang rilis bulan oktober angka kemiskinan di Tabalong itu hanya 9.135 jiwa atau 5,16 persen,” ucapnya.
Dikatakan Yuhani, penurunan tersebut dikarenakan pada tahun 2019 ada 949 orang yang mengundurkan diri dari penerima manfaat bantuan.
“Artinya mereka sudah bisa mandiri dan tercatat mampu,” ujarnya.
Baca Juga : Diguyur Hujan Lebat Satu Malam Sungai Tabalong Meluap, Sejumlah Desa Turut Terendam
Sementara, terkait adanya perbedaan data antara Dinas Sosial dan Badan Pusat Statistik (BPS) Tabalong tentang angka kemiskinan, Yuhani menjelaskan, BPS menggunakan metode sampling makro dan Dinsos menggunakan metode by name by address.
“BPS merilis bahwa 2018 itu 5,95 persen dan 2019 menjadi 6,01 persen atau mengalami kenaikan sebanyak 0,06 persen. Padahal di data kita mengalami penurunan 5,16 persen melalui keluarnya penerima bantuan yang sudah mandiri tadi,” terangnya.
Lebih lanjut Yuhani mengatakan, melalui rapat koordinasi kali ini, dirinya berharap kedepannya data angka kemiskinan bisa selaras antar SKPD yang terkait.
“Agar upaya penanggulangan angka kemiskinan di Tabalong menurun dan berjalan dengan sesuai,” pungkasnya. (arif)
Editor : Amran

Related Articles

Trending

Terbaru

TOPIK POPULER

IKUTI KAMI

1,763FansSuka
26,867PengikutMengikuti
582PelangganBerlangganan