Indek Berita

Pemkab Tabalong Tambah Dua TPS 3R

TANJUNG, klikkalsel.com – Pemerintah Kabupaten Tabalong terus mengembangkan keberadaan Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce dan Recycle (TPS 3R).

Kali ini, melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tabalong, pemerintah setempat kembali membangun dua TPS 3R di Desa Padang Panjang dan Desa Warukin Kecamatan Tanta yang bersumber dari dana APBN 2108.

Kepala DLH Tabalong, Rowi Rawatianice mengatakan, saat ini di Tabalong sudah ada tiga TPS 3R yang berlokasi di Tanjung Selatan, Maburai dan Flamboyan.

“Karena ketiga TPS kinerjanya bagus maka tahun ini kita dapat lagi dua unit,” ucapnya.

Bahkan melihat kinerja TPS 3R sudah mulai berkembang, ungkap Rowi, Bupati Tabalong telag menginstruksikan pengajuan TPS 3R dengan menggunakan dana APBD yang akan dibangun di wilayah Murung Pudak.

“Tahun ini begitu pengesahan, ada satu unit lagi nanti di Pembataan kecamatan Murung Pudak,” jelasnya.

Selain itu, di tahun 2020 ini juga, komitmen pemda dan masyarakat terjalin dengan bagus sehingga pemerintah pusat mempermudah proses pembangunan TPS 3R.

“Karena melihat yang sudah ada ini jadi kita dimudahkan, momen ini akan kami manfaatkan. Saat ini yang sudah mengajukan dan masih menunggu ada di Mangkusip, Kapar dan Telaga Itar,” ujar Rowi.

Rowi juga menjelaskan, TPS 3R dikatakan berhasil ketika Kelompok Pemanfaat dan Pemelihara (KPP) ini bekerja dengan baik dan unitnya berfungsi.

“Konsep TPS 3R itu melayani pelanggan, pengangkutan, kemudian dilanjutkan dengan pengolahan, pemilahan dan pengomposan sampai nanti pembuangan residu ke TPA. Pembuangan ke TPA nanti akan difasilitasi oleh DLH,” terangnya.

Sementara, terkait dengan kinerja TPS 3R yang sudah ada, pihak pengelola wajib membuat laporan kegiatan setiap bulannya.

“Dari laporan mereka akan kelihatan kinerja dari TPS 3R tersebut, namun sewaktu-waktu kita bisa langsung melihat ke lapangan untuk pemantauan kinerja TPS tersebut,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Rowi berharap nantinya seluruh Kecamatan di Tabalong sudah mempunyai TPS 3R.

“Minimal ada satu di masing-masing kecamatan. Tetapi kita juga tidak bisa memaksakan karena TPS 3R ini sangat menuntut komitmen,” pungkasnya.(arif)

Editor : Amran

block id 8627 site klikkalsel.com - PC/Mob
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top