Jumat, September 24, 2021

Pemkab Tabalong kembali Tata Kota Tanjung Agar Lebih Cantik

TANJUNG, klikkalsel.com – Rencana pembangunan Masjid Ashirratal Musthaqim yang refresentatif yang berada di Kota Tanjung sudha masuk tahap pemantapan persiapan perluasan lahan yang cukup luas.

Luas lahan terseut bahkan sampai kelokasi Taman Giat Kota Tanjung depan Kantor Sekretariat Pemerintah Kabupaten Tabalong. Saat ini kembali dlakukan ekspose laporan akhir Detail Engineering Design (DED) oleh Konsultan TEGtama Karya, di Aula Tanjung Puri Lantai II Kantor Sekretariat Pemerintah Kabupaten Tabalong, Senin (07/01/2020).

Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani didampingi Kepala Dinas Perkim, Hj Hamida Munawarah, turut ikut mendengarkan dan mencermati paparan ekspose.

Paparan penyusunan DED Taman Giat Tanjung yang disampaikan pihak PT.TECtama Karya selaku Konsultan Perencana dan Pengawas menyampaikan tujuan rancangan, agar tersusunnya pedoman perencanaan yang mengkombinasikan perdekatan perancangan kota dan memperhatikan kaidah atau norma Sosio kultural setempat.

Selain itu konsep desainnya yang telah berproses dengan berdiskusi bersama tim internal Dinas Perkim setempat, dan telah tersusun beberapa konsef, begitu pula survey telah dilakukan, baik survey pengukuran, fotografi dan untuk mengetahui struktur tanah di lokasi Taman Giat Tanjung. Diskusi juga telah dilakukan dengan masyarakat sekitar mengenai masukan terkait desain Taman Giat.

Dalam rancangan desain analis dialokasi taman giat akan dibangun air mancur menari, kemudian ada juga area yang langsung berbatasan dengan masjid, yang pada beberapa area dirancang konsep Islami yaitu general life yang berarti jannati Al Arif atau taman syurga.

Selain itu juga ada tempat bermain anak, ruang serba guna, area jajanan, taman yang teduh lengkap dengan tempat parkir, toilet umum, area wudhu, Islamic Garden, tugu manara taman giat, tugu perjuangan masyarakat Tabalong yang dibentuk seperti obor api merupakan simbol semangat perjuangan masyarakat Tabalong.

Bupati Tabalong, H.Anang Syakhfiani menanggapi paparan Konsultan perencana, mengatakan untuk gambaran rancangan ia memilih alternatif kedua dari dua alternatif yang disampaikan konsultan, dan untuk tugu perjuangan ia meminta dijadikan sebagai tugu hari jadi Tabalong atau disebut tugu 1 Desember.

“Relief perjuangkan tetap dipertahankan yang sudah ada di Taman Giat,” pinta, Bupati Anang.(doni/adv)

Editor : Amran

Related Articles

Trending

Terbaru

TOPIK POPULER

IKUTI KAMI

1,763FansSuka
26,867PengikutMengikuti
582PelangganBerlangganan