Pemkab Paser Kunjungi Kabupaten Tabalong, Pelajari Penerapan E-Office dan E-Voting

Pemkab PPU melakukan kunjungan study orientasi ke Kabupaten Tabalong. (foto : mctabalong)

TANJUNG, klikkalsel – Pemkab Paser, Kalimantan Timur (Kaltim) melakukan kunjungan study orientasi ke Kabupaten Tabalong, Kamis (12/9/2019).

Kunjungan sebanyak 27 orang dari perwakilan Pemkab Paser itu diterima Pemkab Tabalong di Aula Penghulu Rasyid Seketariat Tabalong.

Adapun tujuan kunjungan study orientasi kali ini untuk mengetahui dan bertukar ilmu atau pendapat dengan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfo) Tabalong tentang penerapan e-Office yang ada di Tabalong.

Selain e-Office, pembahasan tentang e-Voting juga tidak luput dari perhatian.

Kepala Diskominfo Tabalong, Pebriadin Hapiz mengatakan, Kominfo tetap berkomitmen menjadi center teknologi informasi komunikasi di Tabalong.

“Basicnya adalah e-Office yang berdasarkan presensi. Nanti mengetahui bagaimana kinerjanya para SKPD,” ujar Hapiz dalam paparannya.

Lebih lanjut Hapiz mengatakan, e-Voting adalah hasil kerja dari putra-putra daerah Kabupaten Tabalong dan hasil ini bukan sebuah prestasi, melainkan proses untuk membangun Tabalong yang lebih baik.

Ditambahkan Zainaini selaku Kasi Layanan E-government Diskominfo Tabalong, sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kabupaten Tabalong sendiri mencapai angka 78 persen.

Sebelum SPBE ada di 2018, yang pertama harus dilakukan adalah memiliki dasar hukum atau kebijakan, mempunyai SDM, dan harus mempunyai anggaran.

“Jadi ditahun 2017 sebelum ada istilah SPBE, kita ada E-government. Kemudian membangun Perbup Nomor 9 tahun 2017 tentang Penyelenggaraan E-government, langsung kita membentuk dasar hukum untuk mengikat SKPD agar bisa bersinergi,” jelas Zainaini.

Sementara itu, Hamdani Plt Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Paser mengatakan, kegiatan ini merupakan silahturahmi antara dua Pemkab yang saling berdekatan.

Study orientasi ini juga dinilainya sangat bermanfaat, dapat memberikan masukan terhadap pelaksanaan absensi elektronik atau E-office dan E-voting.

“Setelah berbagi ilmu dan bertukar pendapat, pertama kami akan terapkan e-Office tadi, kemudian ke depannya e-Voting yang telah dipaparkan itu kami bisa pengadaan alat-alatnya berkaitan dengan Pilkades nanti. Semoga ke depan Pilkades Paser bisa menerapkan E-voting seperti Dinas Kominfo di Kabupaten Tabalong,” ujarnya ditemui usai kunjungan study orientasi. (arif)

Editor : Farid