Sabtu, September 25, 2021

Pemkab Batola Gelontorkan Dana Rp 25 Miliar Demi HPS

MARABAHAN, klikkalsel – Program Nasional Hari Pangan Nasional (HPS) ke-38 pada 2018 ini, di desa Jejangkit Muara Kecamatan Jejangkit Kabupaten Batola, tak hanya menjadi fokus agenda Pemprov Kalsel.
Tapi dalam hal ini, Pemkab Barito Kuala (Batola) juga Ikut ambil bagian, dengan menggelontorkan dana sebesar Rp25 miliar, untuk menyuksekan HPS atau World Food Day.

Wakil Bupati Batola H Rahmadian Noor mengatakan, dana Rp25 miliar tersebut, bersumber dari APBD Perubahan 2018 untuk menyiapkan pelaksanaan HPS dari Pemkab Barito Kuala.

“Sudah kita siapkan untuk mendukung ini, mulai dari lahan parkir, pengaspalan jalan, perbaikan jembatan dan perbangunan jembatan baru, kemudian perbaikan lingkungan bedah rumah, itu anggarannya Rp25 miliar lebih,” jelasnya kepada klikkalsel.com saat menjiau persiapan lokasi HPS, sore hari belum lama tadi.

Mantan anggota DPRD Batola ini, menambahkan anggaran paling banyak tersedot pada proyek insfratruktur karena untuk kelancaran mobilisasi pelaksanaan.

“Lahan parkir 2 hektar untuk tamu, presiden bersama rombongan. Perbaikan dan pengaspalan jalan sepanjang 6,8 kilometer. Perbaikan jembatan 7 buah di luar untuk di dalam ada 2 buah. Ini semuanya dalam pengerjaan,” jelasnya.
Ditargetkan, proses percepatan pengerjaan akan rampung pada pertengahan Oktober mendatang.

Ada 4.000 hektar lahan sawah menjadi area Pelaksanaan HPS pada 18 Oktober mendatang. Rencananya, Presiden RI Joko Widodo dan wakilnya Yusuf Kalla, berserta Jajaran Kementerian terkait, Kepala daerah setiap Provinsi se-Indonesia, dan pihak Bidang Pangan Internasional, akan berhadir pada pembukaan Hari Pangan Sedunia tersebut. (rizqon)

Editor : Farid

Related Articles

Trending

Terbaru

TOPIK POPULER

IKUTI KAMI

1,763FansSuka
26,867PengikutMengikuti
582PelangganBerlangganan