Balangan

Pemkab Balangan Usulkan 10 Warisan Budaya Tak Benda

PARINGIN, klikkalsel.com – Bidang Kebudayaan pada Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan, pada 2021 ini akan mengusulkan sepuluh kebudayaan yang ada di Kabupaten ke pemerintah pusat, untuk menjadi warisan tak benda.

Kasi Sejarah dan Kebudayaan Disdik Balangan, Fahriati menjelaskan, bahwa sebenarnya ada 10 warisan budaya tak benda yang akan diajukan di 2021ini, diantaranya Mesiwah Pare Gumboh, I’Lau, Bausung Pangantin, Bapapai, Tari Gintur, Mandai, Sumpit, Kasapi, Salon, dan Miulahan.

Saat ini, kata dia, pihaknya meneliti dan mengkaji lebih mendalam terkait sepuluh kebudayaan tersebut, untuk melengkapi persyaratan teknis terkait pengusulannya nanti ke pemerintah pusat.

“Terbaru, kami langsung mendatangi Desa Liyu di Kecamatan Halong, yang memiliki kebudayaan Mesiwah pare Gumboh. Satu per satu akan kita inventarisir,” ujarnya, Kamis (25/3/2021)

Dalam setiap kunjungan ke lokasi di mana budaya tersebut eksis, lanjut Fahriati, pihaknya meminta keterangan lebih jelas kepada tokoh budaya dan masyarakat setempat terkait budaya tersebut secara detail.

Di lain pihak, tokoh pemuda Desa Liyu, Meggy menjelaskan, Mesiwah Pare merupakan tradisi Dayak Deah yang paling gampang dan rutin dilaksanakan, dan sudah dalam tiga tahun terakhir dibuka untuk bisa disaksikan secara umum.

“Mesiwah Pare yang artinya selamatan syukuran pasca panen,” jelasnya.

Namun, dimasa pandemi ini lanjut dia, kegiatan adat dilakukan pembatasan dengan beracuan pada protokol kesehatan namun hal tersebut tidak mengurangi kesakralan tradisi adat. (fitri)

Editor : Akhmad

To Top