Jumat, September 17, 2021

Pemilih Pemula Diingatkan Gunakan Hak Pilih saat Pemilu

BANJARMASIN, klikkalsel – Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) gelar Dialog Organisasi Kepemudaan serta Pramuka, yang bertema Pemuda Siap Menyongsong Pileg dan Pilpres 2019, Rabu (24/10/2018)

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banjarmasin, Khairunnizan mengingatkan kepada para pemuda yang pada tahun 2019 nanti telah menjadi pemilih pemula agar bisa menggunakan hak suaranya dengan sebaik-baiknya.

Karena menurutnya, pemilih pemula yang bisa juga disebut sebagai pemilih menial, saat ini menempati posisi strategis. Jumlah pemilih melenial untuk pemilu tahun 2019 sangat banyak.

“Sesuai dengan tema yang diusung acara ini yaitu Pemuda Siap Menyongsong Pileg dan Pilpres 2019 kita mengimbau agar para pemuda atau pemilih melenial ini bisa menggunakan hak suara sebaik-baiknya karena tahun 2019 untuk pertama kalinya republik ini menyelenggarakan pemilu serentak, untuk memilih anggota legislatif dan presiden,” tandas Khairunnizan.

Kepala Kesbangpol Banjarmasin Kasman mengatakan, permasalahan pemuda saat ini yaitu ketergantungan dengan obat-obatan terlarang, pengaruh ataupun dampak teknologi yang ke arah negatif dan menjamurnya medsos bebas dan tidak beretika.

Dalam hal itu, para pemuda saat ini sangat mudah tergerus dengan berita hoax yang mengancam keberlangsungan pendidikannya, ditambah lagi di era pemilu saat ini, peran serta pemuda dalam penggunaan media sosial sangatlah menjadi sorotan utama.

“Kalau untuk di Banjarmasin saja, Waktu lalu para pemudanya ketergantungan dengan yang namanya, mabuj zenith dan lem. Dan itu yang harus kita jauhkan, lalu maraknya penggunaan Medsos yang bebas itu juga sangat berpengaruh kepada para pemuda di masa Pemilu ini,” ucapnya.

Diingatkannya, pemuda harus ada bina diri dimana tugas para pemuda ialah bersekolah dan berlatih sesuai kemampuannya, untuk memghindarkan diri dari permasalahan pemuda saat ini.

“Bina diri adalah solusi untuk menghindarkan diri dari penyakit pemuda saat ini, dan ada juga solusi lain seperti mengerjakan pendidikan agama. Karena pemuda harus berilmu serta harus memiliki pelajaran moral,” paparnya.(fachrul)

Editor : Farid

Related Articles

terbaru

TOPIK POPULER

IKUTI KAMI

1,763FansSuka
26,867PengikutMengikuti
582PelangganBerlangganan