HST

Pembenahan Sektor Pendidikan di HST jadi PR Bupati Baru

BARABAI, klikkalsel.com – Sektor pendidikan menjadi salah satu perhatian para pasangan calon (Paslon) bupati-wakil bupati Hulu Sungai Tengah (HST).

Kepala Dinas Pendidikan HST Chairiah ST merespon positif hal tersebut. Baginya, pendidikan adalah kebutuhan dasar dalam rangka membangun dan mengangkat Sumber Daya Manusia (SDM). Dan wajar jika memang sudah menjadi komitmen dari tahun ke tahun.

“Alhamdulillah ada komitmen dari pada calon kepala daerah kita untuk membawa pendidikan ke jenjang yang lebih baik,” katanya kepada Klikkalsel.com, Kamis (12/11/2020).

Selain itu, hal yang perlu dibenahi dalam sektor pendidikan adalah sarana, prasarana, infrastruktur pendidikan yang memang masih sedikit ada ketimpangan, terutama di daerah pedalaman. Dan yang perlu jadi perhatian lebih peningkatan tenaga pendidik yang berkompeten dan berkualitas, agar dapat meningkatkan mutu pendidikan di HST.

“Memberikan perhatian khusus terhadap para tenaga pengajar atau pendidik, baik yang sudah pegawai tenaga honorer atau kontrak, itu perlu,” ujar Kadis.

Dengan begitu, ia yakin mutu pendidikan nantinya secara tidak langsung akan meningkatkan kualitas SDM di Kabupaten HST.

Adapun hal lain yang perlu ditanggulangi adalah tentang minimnya tenaga pengajar yang ada di Bumi Murakata, karena guru yang pensiun tidak sebanding dengan yang masuk, itupun sudah diupayakan dengan merekrut para tenaga honorer.

“Saat ini banyak kekosongan para tenaga pengajar, mudah-mudahan ini juga mendapat perhatian dari pusat,” pungkasnya.

Jika dilihat dari visi-misi yang dibawa kelima calon bupati-wakil bupati, secara gamblang membeberkan akan mengangkat mutu pendidikan dengan berbagai cara, seperti memberikan tunjangan yang layak terhadap tenaga pengajar, pembangunan sarana, prasarana, infrastruktur, memberikan beasiswa kepada para siswa berprestasi dan memberikan kesempatan tenaga pengajar berkompeten untuk di sekolahkan lagi ke jenjang lanjutan. (wawan)

Editor : Akhmad

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top