Banjarmasin

Pembatas Jalur Sepeda Belum Dipasang, Dishub Rencanakan Alternatif Lain

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin belum berencana untuk kembali memasang stick cone untuk menandakan lajur sepeda. Apalagi Jalan A Yani sempat mengalami kerusakan pasca Banjir awal tahun lalu.

Pelaksana Tugas (Plt) Kadishub Kota Banjarmasin, Endri, menjelaskan agar kerusakan tidak semakin parah, maka Dishub Kota Banjarmasin memilih untuk melepas stick cone tersebut.

“Pasca banjir kemarin stick cone beberapa lepas, ada juga beberapa bengkok, dan karena urgen sehingga kami memilih melepasnya,” jelasnya. (28/5/2021).

Sudah lebih dari beberapa bulan pasca banjir, Dishub Kota Banjarmasin rupanya stick cone tersebut masih juga belum dipasang.

Alasan belum dipasangnya stick cone tersebut menurut Endri bahwa pihaknya l masih harus berkoordinasi dengan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XI Kalsel, terkait soal rencana perbaikan jalan, akibat diterjang banjir beberapa waktu lalu.

“Kami masih berkoordinasi, apakah nanti akan ada perbaikan jalan, soalnya kalau di pasang sekarang ketika ada perbaikan maka mau tidak mau harus dilepas,” ucapnya.

Selain itu, menurutnya lagi bahwa ada beberapa alternatif lain pengaman jalur sepeda, selain pemasangan stick cone.
Alternatif tersebut yakni memberikan tanda khusus sepeda, pada aspal jalan atau cara lainnya.

“Tapi dilihat lagi kebutuhannya seperti apa, kami sambil mencari pola yang bagus supaya jalur sepeda bisa benar-benar dimanfaatkan dan tidak menimbulkan dampak terhadap pengguna jalan lain,” tandasnya.(fachrul)

Editor : Amran

To Top