Kalsel  

Pembangunan HST Kurang Publikasi

Pembangunan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, jarang diekspos oleh media. (foto : net)

BARABAI, klikkalsel– Terbatasnya Sumebr Daya Manuasia (SDM) khususnya dibidang tenaga rilis dalam menyampaikan serta mengkoordinir setiap SOPD untuk media cetak maupun online berdampak pada minimnya publikasi pembangunan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST)

Hal tersebut disampaikan Kabag Humas Pemkab HST M Ramadlan, pada Rapat Koordinasi peningkatan informasi pemberitaan hasil pembangunan Kabupaten HST di media cetak atau online di Auditorium Pemkab HST, Selasa, (21/11/2017).

“Keterbatasan inilah yang membuat  informasi serta berita pembangunan maupun program yang bagus dan menarik di SOPD tidak terpublikasi, hanya mampu meliput kegiatan yang dihadiri Bupati dan Wakil Bupati,” ucapnya.

Pembangunan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, jarang diekspos oleh media. (foto : net)

Lebih lanjut, SOPD dapat saling berkoordinasi dengan Bagian Humas maupun Kominfo dalam hal memberikan informasi agar kegiatan bisa dipublikasikan dimedia cetak maupun online yang telah kerjasama dengan Pemkab.

“Kalau di SOPD ada kendala tidak ada sumber daya yang bisa menulis, setidaknya mengirimkan rilis dan kami akan membuatkan beritanya,” ujarnya.

Sementara itu, Asisten Bidang Pemerintahan H Ainur Rafiq menambahkan, berita tentang pembangunan HST memang kurang terpublikasi dan hanya pemberitaan Humas yang sumberdayanya masih kurang.

“Informasi yang disampaikan sekarang hanya pada sektor-sektor tertentu seperti yang hanya dihadiri oleh bupati atau wakil, sehingga ada sektor yang menarik tidak terpublikasi,” ucapnya.

Pada kedatangan Gubernur dan Program PTSL masih banyak masyarakat yang kurang mengetahui. Misal, jika ada kegiatan yang berkaitan dengan pertanian maka Dinas Pertanian yang lebih giat mempublikasikan begitu juga terkait tentang kesehatan dan pendidikan.

Terkait Publikasi media cetak dan online Asep Saputra perwakilan Dinas Kominfo mengatakan, pihaknya mengelola tiga media hulusungaitengahkab.go.id, vediotron dan radio suara murakata.

“Saat ini memang pembenahan dan belum maksimal karena memang SDM di lapangan dan kontributor belum bisa menginformasikan secara uptodate,” katanya.

Humas Setda HST tak memiliki tenaga kontrak dan hanya memiliki 7 orang, satu kepala bagian, Dua Sub Bagian, Bendahara dan tiga staf yang turun kelapangan.

“Terkadang jika dalam satu hari ada beberapa kegiatan,  terpaksa mengutamakan salah satu kegiatan Pemerintahan yang lebih penting,” Tambahnya. (Azka)

 

Editor : Amran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.