Pembangunan Gedung Kelas SDN Pasar Lama 3 Terkendala Perubahan Sistem Lelang

Kabid Bina SD, Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Nuryadi. (foto : fachrul/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel – Pembangunan beberapa gedung 3 Sekolah SDN di Kota Banjarmasin sedikit terkendala, lantaran adanya revisi pengeluaran dari Dinas Pendidikan serta perubahan sistem lelang dari Unit Layanan Pengadaan (ULP).

Bantuan pembangunan gedung yang dilakukan Dinas Pendidikan ditujukan kepada 3 sekolah, SDN Sungai Andai 3 untuk pembangunan gedung kelas, SDN Pasar Lama 3 untuk pembangunan gedung kelas, dan SDN Basirih 10 untuk pembangunan perpustakaan.

Kabid Bina SD, Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Nuryadi mengatakan perencanaan sudah dari 2017, namun karena adanya revisi anggaran dan perubahan sistem dari ULP lalu terjadi keterlambatan.

“Jadi ada 3 sekolah yang masih belum rampung karena sistem pelelangan itu kan harus masuk semua perencanaannya, sehingga itu yang menjadi salah satu keterlambatan menyerahkan berkas ke ULP pelelangan,” tuturnya, Selasa (11/6/2019)

Sementara itu, SDN Pasar Lama 3 pada penerimaan peserta didik baru tahun 2019 ini melakukan penerimaan sebanyak tiga kelas, namun dikarenakan masih kekurangan kelas, maka SDN Pasar Lama 3 memberlakukan pembagian waktu dengan masuk Pagi dan Siang untuk jam belajar sekolah.

Menurut Nuryadi hal tersebut memang sedikit mengganggu untuk kurikulum pembelajaran, tetapi tidak terlalu signifikan. “Paling lambat November – Desember sudah selesai, karena bulan Juni – Juli ini kan libur, ya memang sedikit menggangu karena masalah fisik itu ya tapi hanya beberapa bulan saja,” ucapnya.

Ia mengharapkan pembangunan gedung yang memakan anggaran sekitar 1,2 miliar tersebut bisa segera dilakukan pada bulan Agustus – September, sehingga pada akhir tahun sudah bisa digunakan.

“Seandainya sudah masuk dan tidak ada revisi itu, mungkin saat ini sudah selesai, ya jadi mudah-mudahan harapan kami pada bulan Agustus – September itu sudah mulai dikerjakan,” pungkasnya. (fachrul)

Editor : Farid