Pelaksanaan PPDB Online Dinilai Sulit karena Masih Ada Warga yang Gaptek

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2021 tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Banjarmasin dilaksanakan sudah dilaksanakan sejak Senin (21/6/2021) kemarin.

Pelaksanaan PPDB secara online ini dilaksanakan seseuai dengan Petunjuk teknis (Juknis) yang dikeluarkan Dinas Pendidikan (Disdik) Banjarmasin.

PPDB online 2021 ini dilaksanakan dengan pembagian 6 jalur, yakni, jalur Akademik, Non Akademik, Afirmasi, Zonasi dan Perpindahan orang tua.

Dari pantauan sejumlah SMPN di Banjarmasin, rupanya pihak sekolah sudah mempersiapkan pelaksanaan PPDB online ini sejak jauh-jauh hari.

Seperti yang dikatakan Kepala Sekolah SMPN 33 Banjarmasin, M Syaifullah, bahwa pihaknya sudah menyiapkan pelaksaan PPDB sejak 3 hari terakhir.

“SMPN 33 persiapannya Alhamdulillah sejak dari Sabtu kemaren, kita menyiapkan 5 operator online, dibantu 2 tenaga Informasi,” ujarnya, Selasa (22/6/2021).

Namun meski pihak sekolah telah melakukan persiapan sejak jauh hari, kendala lain masih masih terjadi, seperti misalnya permasalahan Gagap Teknologi (Gaptek) yang terjadi kepada sejumlah orang tua murid.

Hal ini dikarenkan sebagian orang tua murid masih banyak yang tidak memahami cara pendaftaran secara online.

Baca Juga : Dewan Apresiasi Pemko Raih Opini WTP Delapan Kali Berturut-turut

Namun guna menyikapi hal tersebut, pihak sekolah pun menyiapkan tenaga pendampingan untuk membantu orang tua peserta didik untuk mendaftarkan anaknya.

“Karena kita sadar, tidak semua orang tua yang dapat mendaftarkan anaknya secara online terkendala HP dan sebagainya. Jadi kita sediakan layanan untuk pembimbingan, jadi tetap kita daftarkan secara online dibantu kita pihak sekolah,” terangnya.

Kesulitan melakukan pendaftaran secara online ini diakui salah seorang orang tua murid, Juhairiah. Ia mengaku sangat kesulitan untuk mendaftarkan anaknya, dikarenakan sistem online saat ini.

Terlebih, Juhairiah sendiri tidak memiliki gawai yang mumpuni untuk melakukan akses tersebut. Untuk itu, ia pun bersama anaknya langsung mendatangi sekolah untuk mendaftar.

“Sudah tau kalau ini online, tapi tidak paham bagai mana cara mendaftarnya. Tapi alhamdulillah dibantu sekolah tadi mendaftar,” ucapnya.

Akan tetapi dibalik kendala tersebut, sejauh ini tidak ada lagi kendala lain yang terjadi selama dua hari pelaksanaam PPDB secara online ini.(fachrul)

Editor : Amran

Related Articles

Trending

Terbaru

IKUTI KAMI

1,763FansSuka
26,867PengikutMengikuti
582PelangganBerlangganan