Pegawai dianjurkan konsumsi beras lokal

H Rahmat Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanah Bumbu. (ist0
BATULICIN, klikkalsel – Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di Kabupaten Tanah Bumbu dianjurkan untuk mengkonsumsi beras lokal dari para petani yang ada di “Bumi Bersujud”.
“Penganjuran para ASN untuk mengkonsumsi beras lokal tersebut sudah dituangkan dalam surat edaran Bupati nomor : B/521/7/2241/BUP BAG EKO 2/VIII/2019,” kata Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor melalui Kepala Dinas Katehanan Pangan Tanah Bumbu H. Rahmat, di Batulicin.
Tujuan dari itu adalah untuk meningkatkan kesejahteraan para petani padi di Bumi Bersujud. Dimana mereka tidak perlu khawatir untuk memasarkan hasil panen padi mereka.
Menurut Rahmat, dalam mendukung daya saing produk lokal serta dalam rangka menjaga kestabilan harga beras di Tanah Bumbu perlu ada peran dari para kita semua, salah satunya diawali dari para ASN itu sendiri.
Dalam implementasinya, para pegawai dapat membeli beras minimal lima kg dari para petani loka yang sudah diakomudir oleh SKPD masing-masing.
“Jadi para ASN cukup melakukan pemesanan pembelian beras kepada koordinator di SKPD tersebut, selanjutnya koordinator akan mengambilkan bertas ditempat petaninya melalui Dinas Ketahanan Pangan setempat,” ujar Rahmat.
sedangkan untuk jenis beras yang ditawarkan adalah beras pulen mekongga. Terkait dengan kualitas beras sudah terjamin bahwa beras tersebut diproduksi melalui pengolahan yang kredibel dengan harga yang cukup terjangkau.
“sementara ini target dalam penyerapan beras lokal dalam satu bulan mencapai 12 Ton beras, sedangkan sejauh ini sudah ada permintaan dari 18 SKPD mencapai empat 4 ton/bulan,” pungkas Rahmat.(fardan/adv)
Editor : Amran